HeadLine

Thursday, 31 May 2012

Mendaki Gunung, Olahraga Tanpa Gelar Juara

Assalamulaikum...

Wah udah lama juga nih aku gak nge-Galau..
Nah sobat EPICENTRUM semua, kali ini aku posting tentang kegalauan aku tadi malam,,mau tau apa itu,,yuk dilanjut bacanya yaaa,hehe..

Enaknya dimulai darimana nih ceritanya,,dimulai dari titik nol jakarta aja gimana, atau dari garis khatulistiwa (loh apa hubungannya coba,hehe)..

oke2 gak usah berlama-lama,,dimulai dari semalem aja deh, saat aku lagi asik  chattingan sama temen aku satu jurusan,,dan tiba-tiba dia nyeletuk kek gini: "tanggal 16 besok ikut ke Semeru yuk" ....mak Jleeebb... dan aku cuman bilang "aku masih galau penelitian masbro" (tetep dengan gaya cool Level Dewa,,padahal hati udah ngebul kaya wedus gembel)

Entah kenapa tiap ada orang bilang mau naik gunung ini,,atau mau naik gunung itu,,hati ini terasa panas,,apa lagi kalau itu gunung aku belum pernah mandakinya..pasti klo ada yg bilang mau naik ke gunung anu ("gunung anu" kek mana ya bentuknya,hehe..:p) dan aku gak bisa ikut pasti ada rasa nyesek gitu di hati..

Wednesday, 30 May 2012

Beli HP pakai Keringet Sendiri

assalamualaikum..

apa kabar teman-teman Epicentrum sekalian..:)
semoga sehat selalu dalam dalam lindungan Allah..:)

wah pasti bingung ya baca judulnya,,atau mungkin malah udah pada tau kira-kira apa yang mau aku posting dengan membaca judul diatas?

sebelumnya tanpa mengurangi rasa hormat,,postingan ini bukan untuk bermaksud untuk pamer atau apa lho,,tapi ini murni bentuk rasa syukur aku dan rasa ingin berbagi pengalaman dengan temen-temen sekalian,, siapa tau dari kalain ada yang termotivasi untuk dapat berkarya lebih dengan apa yang kalian bisa..

nah maksud judul diatas itu bukan aku menukar keringat aku dengan HP lho (lagian siapa juga yang mau barter HP sama keringat,hehe),,atau bukan juga aku bikin alat pengkonversi keringat menjadi uang,hehe..

sebenernya postigan ini menyambung dari postingan aku sebelumnya yang judulnya Pengalaman Jadi  bener aku Asisten dalam Pelatihan Fotografi..

Pengalaman Jadi Asisten dalam Pelatihan Fotografi

Assalamaualaikum..

jumpa lagi sama aku dalam saluran yang sama,,apalagi kalau bukan di EPICENTRUM..
apa kabar kawan semua,semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah SWT..Amiiin..

kali ini mau cerita2 pengalaman aku waktu jadi asisten dosen untuk memberikan materi pelatihan fotografi di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian yang berlokasi di Rawa Banteng..

Awalnya sih aku ragu untuk jadi asisten dalam memberikan materi fotografi,,apa aku bisa jadi asisten yang berbakti bagi nusa bangsa (lhoh apa hubungannya coba,hehe),,takut nanti ada pertanyaan yang aneh2 dan aku gak bisa jawab,,bisa mati gantung di pohon kangkung nih..

Superbike (Surat Perinatah Bikin Keki)
tapi mau bagaimana lagi,, karena surat perintah udah di tangan, mau gak mau aku harus belajar lagi materi2 fotografi yang pernah aku dapat selama les privat sama dosen aku Bp. Kikin H. Mutaqin Phd,,dan dalam waktu 1minggu ilmu-ilmu hitam fotografi pun terkumpul kembali setelah lama menguap entah kemana,hehe..

Hari Rabu 9 Mei 2012 setelah sholat zuhur aku dan dosenku yang akan mengisi materi pun berangkat dari kampus IPB bogor menuju BUT di Rawa banteng,,dengan sedikit perjuangan karena kami hampir kehabisan bensin ditengah jalan akhirnya kami pun tiba di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian sekitar pukul 15.00.

Monday, 28 May 2012

Tips n Trik Menghindari Blog Terhapus

Assalamulaikum..
apakabar temen-temen EPICENTRUM sekalian.??
moga sehat selalu ya kawan..^^.


Baru-baru ini waktu aku asik-asik nge-blogwalking  ngalor-ngidul tiba-tiba aku di ganggu sama gendruwo info aneh dari blogger suruh verivikasi gitu,,ya sebagai seorang blogger yg baik mah aku ikut aja,hehe..:),tinggal ngasih nomer HP ke blogger nya truz ntar kita dikasih pasword verivikasi dari blogger via sms..

truz baru aja beres aku verivikasi akaun tiba-tiba ada temen yg nyeletuk kalau memang belakangan ini lagi banyak blog-blog yang dihapus oleh Blogger. (haah yang bener..??),,dan sepertinya blogger belakangan jiga lebih "rewel" dan banyak   maunya..(kaya bayi aja ya,hehe)..


Friday, 25 May 2012

My First Summit Mt Lawu 3265 m dpl


wah ini dia nih pengalaman pertamaku naik gunung yang bikin ketagihaan dan gak bisa berhenti,,maunya nempel terus kaya perangko..

ceritaku dimulai dari sebuah SMA favorit di kota Surakarta Hadiningrat..
SMA Negeri I Surakarta atau lebih ngetrend dengan nama SMANSA Solo..

disini aku mulai mengenal seorang sahabat yang akhirnya kami selalu bersama hingga kuliah ditempat yang sama dan menjalani hobi yang sama sebagai pencinta alam (independen tentunya),,karena kami berdua tak mau terikat dengan perkumpulan Mapala yang biasanya sangat mengikat dan menyita waktu..

with my lovely friend
cerita ini adalah kisah pertamaku menginjakkan kaki di ketinggan diatas 3000 meter diatas permukaan lau (atau bahasa kerennya M DpL,hehehe)

Wednesday, 23 May 2012

Sudut Pandang (angle) Fotografi

Assalmualaikum..
 
salam Jepret..
 
apa kabar nih kawan EPICENTRUM,,semoga baik selalu ya..:)
nah aku mau share lagi tentang ilmu ke-Fotografi-an nih,,setelah postingan sebelumnya membahas tentang komposisi, kita sambung sekarang dengan sudut pendang dalam Eksekusi dalam pengambilan gamabar (Angle of Photography)

Angle atau dalam istilah lain disebut sebagai posisi/sudut bidik mempunyai peranan penting dalam photography, karena dengan mengetahui berbagai angel dalam photography maka konsep yang ingin kita capai,atau pesan yang ingin kita sampaikan dalam menghasilkan sebuah karya photo akan lebih mudah.
 
"pemilihan angle yang tepat akan memperkuat kesan
atau daya tarik dari foto kita"
 
Oke sekarang marilah sama-sama kita pelajari apa aja sih angel dalam photography itu, dari yang umum dilakukan oleh para photographer. Tidak terkecuali photographer pemula ataupun photographer yang sudah kelas dunia.

Tuesday, 22 May 2012

Jangan Nodai Kesucian Bulan Rajab

Marhaban yaa Syahrur Rajab
assalamulaikum..

apa kabar kawan EPICENTRUM sekalian..??
moga sehat selalu tentunya..:)

mau berbagi sedikit informasi yang semoga bisa bermanfaat bagi kita semua..

semalem waktu aku lagi asik2 nonton tipi tiba2 tiba HP aku berdering,,dan satu SMS pun masuk.
dari nomor yang tidak bernama ada SMS berbunyi seperti ini..:
“Besok tanggal 22 mei 2012 kita masuk awal bulan Rajab & barang siapa puasa 2 hari diawal Rajab seakan ibadah 2 tahun dan barang siapa mengingatkan orang lain tentang ini seakan ibadah 80 tahun…” (085722522xxx)
karena aku masih belum tau banyak soal hadist maka tak ku hiraukan SMS tersebut,,lagi pula akupun belum pernah mendengar hadist semacam itu,,ditambah lagi di akhir SMS nya tidak dicantumkan periwayat hadistnya,,hal itu yang makin membuatku tidak yakin..

Nah sekarang bagaimana tentang puasa khusus di Bulan Rajab?Apakah ada tuntunan? Adakah dalil yang mendukungnya? Atau amalan tersebut hanyalah amalan yang tanpa dasar?

Penulis Fiqh Sunnah, Syaikh Sayyid Sabiq rahimahullah berkata,

“Adapun puasa Rajab, maka ia tidak memiliki keutamaan dari bulan haram yang lain. Tidak ada hadits shahih yang menyebutkan keutamaan puasa Rajab secara khusus. Jika pun ada, maka hadits tersebut tidak bisa dijadikan dalil pendukung.” (Fiqh Sunnah, 1: 401).

Sungguh saat ini perkembangan dari teknologi informasi memungkinkan kita mengetahui banyak hal. Inforamasi di sekitar kita dari yang paling dekat sampai di belahan dunia lain hilir mudik di depan mata kita, mudah diakses hanya dengan membuka sarana atau alat komunikasi yang kita punya.

Dan baru-baru ini yang sedang terjadi disekitar kita adalah adanya broadcast messanger (baik via BBM atau SMS) yang mengutipkan hadist (atau apalah itu,,kalau menurut aku tidak dapat disebut hadist tanpa mencantumkan periwayatnya) perihal amalan puasa di awal bulan rajab. Dan yang sangat riskan terjadi apabila orang-orang yang membaca tidak jeli dan kritis dengan menanyakannya pada ulama atau orang yang lebih mahfum mengenai dalil, tapi malah justru langsung menyebarkannya.

Hal ini tentunya sangat berbahaya. Karena jelas dengan percaya dan menyebarkan pesan tersebut tidak hanya akan menjerumuskan diri kita pada amalan yang sesat (tidak jelas), tetapi kita juga terlibat untuk ikut menyesatkan saudara kita. Dari sekian banyak hadist, bisa jadi hadist itu masuk kategori dhoif/lemah, dan lebih celaka lagi jika hadist yang kita sebar adalah hadist palsu.

Saturday, 19 May 2012

Komposisi dalam Fotografi

Assalamualaukum ya sohibbul Epicentrum..
apa kabar teman-teman semuanya??,,semaoga selalu dalam keadaan baik..

udah lama nih aku gak share masalah Fotografi..
nah pada kesempatan kali ini aku mau berbagi tentang hal yang cukup penting dalam fotografi,yaitu hal yang harus diperhatikan ketika kita hendak melakukan "Eksekusi" atau pengambilan gambar..

apakah itu??
yak,,Mengatur Komposisi

Komposisi dalam Fotografi
Untuk menghasilkan karya yang menarik di butuhkan komposisi dalam pengambilan gambar. Komposisi adalah cara mengatur atau menyusun beberapa unsur objek menjadi satu kesatuan yang menarik sehingga objek menjadi pusat perhatian Poi ( Point Of Interest ). Unsur–unsur tersebut bisa berupa garis, bentuk, ruang, bayangan, warna tekstur dan sebagainya. Komposisi yang baik bisa membangun “mood” suatu foto.

Prinsip efektif foto adalah, dengan memfokus apa yang ingin disampaikan. Objek utama harus ditonjolkan dan pisahkan objek yang tidak penting atau mengganggu. Pilihlah Latar belakang (background) yang sederhana. Bila latar belakan dirasa akan mengganggu objek bisa menggunakan cara pengaburan latar belakang. Usahakan objek menghadap cahaya. Sertakan latar depan (foreground) agar memiliki kesan kedalaman gambar. 

Yang paling utama dari aspek komposisi adalah menghasilkan visual impact- sebuah kemampuan untuk menyampaikan perasaan yang anda inginkan untuk berekspresi dalam foto anda. Dengan demikian anda perlu menata sedemikian rupa agar tujuan anda tercapai, apakah itu untuk menyampaikan kesan statis dan diam atau sesuatumengejutkan, beda, eksentrik.

Dalam komposisi klasik selalu ada satu titik perhatian yang pertama menarik perhatian (Poi). Hal ini terjadi karena penataan posisi, subordinasi, kontras cahaya atau intensitas subjek dibandingkan sekitarnya atau pengaturan sedemikian rupa yang membentuk arah yang membawa perhatian pengamat pada satu titik.Secara keseluruhan, komposisi klasik yang baik memiliki proporsi yang menyenangkan. Ada keseimbangan antara gelap dan terang, antara bentuk padat dan ruang terbuka atau warna-warna cerah dengan warna-warna redup.

Pada kesempatan-kesempatan tertentu, bila dibutuhkan mungkin anda akan membutuhkan komposisi anda seluruhnya simetris. Seringkali gambar yang anda buat lebih dinamis dan secara visual lebih menarik bila anda menempatkan subjek ditengah. Anda harus menghindari sebuah garis pembagi biarpun itu vertikal.

Thursday, 17 May 2012

Pit-stop Kehidupan

Pit-stop
Sekali waktu tontonlah sampai tuntas adu balap mobil Formula Satu di televisi. Semua pembalap berlomba memenangkan pertandingan, memacu mobil sekencang-kencangnya. Ternyata, hal terpenting dalam strategi untuk memenangkan perlombaan adalah pit-stop, masuk ke jalur atau kawasan dimana mobil akan disegarkan kembali. Ditambah bahan bakarnya dan diganti bannya bila perlu. Di pit-stop pula biasanya strategi balap diatur. Setahu saya belum pernah ada juara lomba formula satu yang tidak melakukan pit-stop.

Apabila ingin memenangkan perlombaan dalam kehidupan, Anda juga harus melakukan pit-stop. Dalam kehidupan sehari-hari, pit-stop dapat mewujud dalam berbagai bentuk. Mengikuti pelatihan, membaca buku, berdoa dengan penuh kesungguhan, bercengkerama dengan sahabat dan keluarga, serta aktifitas lain yang keluar dari rutinitas harian. Pit-stop membantu kita meraih kehidupan yang utuh.

Banyak orang yang kelihatannya bekerja begitu keras untuk meraih kesuksesan hidup. Yang terjadi justru banyak diantara mereka bagai kelelawar terbang di siang hari. Walau banyak sinar matahari namun sang kelalawar tak mampu melihat. Mereka yang terlalu sibuk tak mampu melihat kehebatan dan polah tingkah lucu buah hatinya. Mereka tak tahu betapa dalam cinta dan perhatian pendamping hidupnya pada mereka. Mereka juga tak menyadari begitu banyak inspirasi kehidupan baru berada di sekitarnya. Bahkan terkadang mereka tak menyadari dan tak tahu siapa dirinya. Mereka begitu sibuk, namun justeru tak mampu memahami apa makna hidup sesungguhnya.

Bila terlalu sibuk, Anda akan lupa untuk menikmati hidup. Anda banyak melakukan kegiatan namun lupa apa yang Anda lakukan dan untuk apamelakukannya. Anda hanya melakukannya, tapi tanpa hati, tanpa visi, tanpa jiwa. Walau sibuk namun hidup Anda kering dan gersang, "hidupnya garing", kata anak muda sekarang.

Monday, 14 May 2012

Kenapa Aku Naik Gunung??

Asslamualaikum temen-temen EPICENTRUM semua..
apa kabar saudaraku sekalian,,moga senantiasa selamat dan sehat selalu..amieen...

wah udah 4 hari nih blog dianggurin,,ketelen sama berita kecelakana pesawat Sukhoi Super Jet 100 yang jatuh di gunung Salak..

sebelum dilanjutkan postingannya aku mau ucapin turut berbela sungkawa atas jatuhnya pesawat Sukhoi di Gunung Salak,,semoga korban yang meninggal arwahnya diterima di sisi Allah sesuai dengan amal dan ibadahnya masing-masing, dan keluarga yang ditinggal senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan tersebut..

nah balik maning ke Leptop,hehe..
kalau membeca judul postingan di atas,,itu adalah sebuah pertanyaan yang sering banget di tanyakan oleh temen-temen aku saat mengetahui hobiku yang tidak lazim yaitu naik gunung..

Naik Gunung
bingung juga sih jawabnya,,sama aja kalau kalian ditanya "kenapa lu suka jalan-jalan?"
karena ada banyak hal yang tidak dapat aku ungkap satu persatu mengenai alasanku kenapa aku suka mendaki atau naik gunung..its too complicated,hehe..

tapi aku pernah baca suatau kutipan

"suatu bangsa tidak akan pernah kekurangan pemimpin apabila generasi mudanya suka naik gunung.."

nah, kenapa harus naik gunung?....apa coba enaknya naik gunung?

Monday, 7 May 2012

Umar bin Abdul Aziz dan Lilin Negara

Umar bin Abdul Aziz dan Lilin Negara  
Siapa yang tak kenal Umar bin Abdul Aziz. Sosok pemimpin adil, arif, lagi berilmu. Banyak kisah teladan yang beliau tinggalkan untuk para peniti kebenaran. Inilah kisah ringkasnya.

Suatu hari datanglah seorang utusan dari salah satu daerah kepada beliau. Utusan itu sampai di depan pintu Umar bin Abdul Aziz dalam keadaan malam menjelang. Setelah mengetuk pintu seorang penjaga menyambutnya. Utusan itu pun mengatakan, ?

Beritahu Amirul Mukminin bahwa yang datang adalah utusan gubernurnya.?
Penjaga itu masuk untuk memberitahu Umar yang hampir saja berangkat tidur. Umar pun duduk dan berkata, 

"Ijinkan dia masuk".
Utusan itu masuk, dan Umar memerintahkan untuk menyalakan lilin yang besar. Umar bertanya kepada utusan tersebut tentang keadaan penduduk kota, dan kaum muslimin di sana, bagaimana perilaku gubernur, bagaimana harga-harga, bagaimana dengan anak-anak, orang-orang muhajirin dan anshar, para ibnu sabil, orang-orang miskin. Apakah hak mereka sudah ditunaikan?Apakah ada yang mengadukan?

Utusan itu pun menyampaikan segala yang diketahuinya tentang kota kepada Umar bin Abdul aziz. Tak ada sesuatu pun yang disembunyikannya.

Sunday, 6 May 2012

Yuk Donor Darah

Donor Darah
Haduuh...gak tau kenapa nih, beberapa hari belakangan badanaku kok kerasa gak enak gitu ya,,dan gak tau kenapa juga, rasanya kok seperti ada yang kurang apa gitu dari badan aku ini..
setelah iseng-iseng aku coba lihat kalender,,betapa terkejutnya diriku,karena ternyata..

"aku telat 2 bulan"

ups,,jangan berfikir aneh-aneh dulu sob,,gini-gini eyke gak mungkin hamil lah yao,, kan eyke cowo tulen boo (nada banci taman lawang,haha)..

maksud aku telat 2 bulan itu,aku udah telat gak donor darah selama 2 bulan,,karena aku biasa donor darah itu rutin setiap 3 bulan sekali sob,,dan jadwal aku donor darah terakhir harusnya bulan Februari kemarin..
mungkin karena aku juga disibukkan degan tugas akhir,,jadi lupa donor darah deh,hehe..

tapi akhirnya sabtu kemaren kembali lagi aku bisa menunaikan satu tugas mulia untuk berbagi kepada sesama lewat yang namanya donor darah..
dan kali ini aku gak sendiri,tapi ditemani kakak kelasku Bang Rachmat Widyanto,yang paling semangat ngajakin buat donor darah,,dan pengen banget bisa donor darah bareng satu kosan,meskipun belum sempat terlaksana..

Thursday, 3 May 2012

Semangat besar Thariq bin Ziyad

Ramadham 97 Hijriah, Jabal Thariq...

"Wahai saudara-saudaraku, lautan ada di belakang kalian, musuh ada di depan kalian, ke manakah kalian akan lari?, Demi Allah, yang kalian miliki hanyalah kejujuran dan kesabaran. Ketahuilah bahwa di pulau ini kalian lebih terlantar dari pada anak yatim yang ada di lingkungan orang-orang hina. Musuh kalian telah menyambut dengan pasukan dan senjata mereka. Kekuatan mereka sangat besar, sementara kalian tanpa perlindungan selain pedang-pedang kalian, tanpa kekuatan selain dari barang-barang yang kalian rampas dari tangan musuh kalian. Seandainya pada hari-hari ini kalian masih tetap sengsara seperti ini, tanpa adanya perubahan yang berarti, niscaya nama baik kalian akan hilang, rasa gentar yang ada pada hati musuh akan berganti menjadi berani kepada kalian. Oleh karena itu, pertahankanlah jiwa kalian "

dan Thariq bin Ziyad pun membakar seluruh kapal pasukannya
----------------------------------------------------------------------------------------------

Saat Langit Berwarna Merah Saga

Indahnya Mentari Terbit dari Puncak Gunung Merapi

Wednesday, 2 May 2012

Balada Tugas Akhir

hampir empat tahun lamanya waktu ku habiskan untuk menggali ilmu disini..
jauh dari orang tua, saudara-saudara terkasih, dan kampung halaman..
berteman tumpukan buku dan jurnal ilmiah tentang Hama dan Penyakit Tanaman..
tuk mengejar sebuah asa,,sebagai seorang sarjana pertanian..

detik demi detik ku lalui,, tanpa terasa waktupun terus berlalu..
semakin mendekat dengan penguhujung masa studiku..

satu kata yang terngiang saat ini yaitu kata LULUS..
satu tanya yang terucap dari sang ibu kapan kamu LULUS..??
satu harap yang terbersit dari sang ayah cepatlah LULUS..
dan satu semangat dari dia yang terkasih kamu harus segera LULUS..

satu tahap harus kulaui untuk merih kata itu..
Penelitian, tugas akhir, dan skripsi,,
ya...empat tahunku disini hanya ditentukan dengan tahap itu..
tahap yang pasti selalu dihadapi bagi semua mahasiswa..
tahap yang harus dilewati oleh semua mahasiswa..
tahap yang bisa dihindari lagi oleh semua mahasiswa..

kala semua rencana tugas akhir telah tersususun rapi..
kala proposalpun telah di-acc oleh dosen pembimbing..
kala penelitian pun sudah mulai dijalankan..
selalu saja ada hambatan dan kendala yang menghadang..

Tuesday, 1 May 2012

"Srawung Warga" -Solo City Walk-

menyambung cerita ku yang sebelumnya,,ngebolang bersepeda keliling Solo..

dari kampung Batik Laweyan menuju Ngarsopuro..
tak lengkap jika tak lewat jalan protokol kota Solo..
Jalan Slamet Riyadi..

apa yang menarik di jalan utama kota Solo ini??,kira-kira apa hayoo..
apa lagi kalu bukan city walknya yang membentang panjang dari selepas daerah Purwosari hingga ujung jalan Slamet Riyadi di daerah Gladak,,yang berujung di patung Slamet Riyadi..

Sejak tahun 2007, Kota Solo memang sengaja membangun suatu kawasan untuk pejalan kaki atau orang sering menyebutnya dengan city walk (kaya di kota Bandung gitu). dan di Kota Solo, kawasan ini dinamai dengan Srawung Warga .

"Solo City Walk"
Ide dasar pembuatan kawasan Srawung Warga ini adalah dalam rangka menyediakan tempat nyaman bagi para pejalan kaki di Kota Budaya ini. Namun, ternyata  masih jauh dari harapan. jangankan untuk pejalan kaki, city walk malah dipakai buat melintas dan parkir mobil, sepeda motor serta becak.

Dari sekian ratus meter yang sudah aku lewati dengan sepeda kesayanganku ada beberapa hal yang menarik diamati, seperti digunakannya tegel ubin dan bukan paving blok pada hamparan jalur pedestrian ini, sehingga menumbuhkan perasaan yang lebih sejuk sekaligus menguatkan kesan kuno yang sangat serasi dengan bangunan – bangunan yang ada di sisinya. Kemudian penataan gerobak pedagang kaki lima yang seragam dan dibatasi pada ruas tertentu, sementara pada ruas yang lain dibiarkan kosong dan menjadi sangat lapang. Sungguh satu penataan yang mengagumkan...Solo gituu looh...^_^

Menyusuri Eksotisme Kampung Batik Laweyan

Solo
alias Surakarta Hadininngrat..

siapa yang tak kenal dengan kota ini..
kota yang sangat terkenal dengan budayaannya yang tak akalah eksotis dengan Jogja..
dan disini tempat dimana aku dibesarkan..

setelah lama gak pulang ke kota Solo,,tiba-tiba aku terbersit keinginan untuk "ngebolang" keliling kota Solo dengan sepeda..sebenernya cita-citaku keliling Solo dengan sepeda sudah lama direncanakkan hanya saja baru terlakasana.

first stop..
Kampoeng Batik Laweyan..

welcome to "Kampoeng Batik Laweyan"
 photo by Rizki Pradana
kenapa ini aku pilih sebagai pemberhentian pertama,,karena ini yang paling dekat deengan rumah..pukul 06.30 mulai ku kayuh sepedaku,,dari daerah kartasura kearah selatan kemudian berlelok kearah timur menuju kampung batik laweyan.. 

kurang lebih 20-30 menit lah nge gowes sepeda,sambil membawa my shot gun canon EOS 1000d di pundak..
aku siap untuk hunting view dan wisata bolang di kampung batik Laweyan..

begitu tiba di kampung batik ini suasana damai dan asri nampak langsung menyambutku.. berteman udara sejuk di pagi hari,,terlihat disana-sini warga yang memulai aktifitasnya untuk mencari rejeki..
aku mulai menyusur kampung yang eksotis ini dari sisi barat,kemudian ke selatan,ke utara,ke timur,balik lagi ke selatan,,pokoknya muter-muter cari spot dan momen yang bagus.

Menanti pelanggan -  photo by Rizki Pradana
Menelusuri kembali lorong-lorong di antara tembok-tembok besar di Laweyan membuat saya seakan terlempar ke masa lalu., Tembok-tembok tua dengan warna yang memudar itu konon menjadi saksi atas masa kejayaan batik Laweyan.

Disamping Laweyan terkenal akan industri batiknya, mulai dari batik tulis hingga batik cap, kampung ini juga terkenal akan tokoh pergerakan nasional yang ikut berjuang dalam melawan para kompeni-kompeni belanda, siapa lagi kalau bukan K.H. Samanhudi melalui perkumpulan Serikat Dagang Islam-nya yang kemudan berubah menjadi Serikat Islam (kok jadi belajar sejarah gini yaa,hehehe).


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM