HeadLine

Monday, 27 February 2012

Padang Bulan

Yo prakanca dolanan neng njaba..
padang mbulan padange kaya rina..
rembulane..sing ngawe-awe..
ngelingake ojo pada turu sore..

Hayooo,, siapa yang tak kenal dengan lirik lagu "dolanan" diatas..???

buat temen-temen yang tinggal di jazirah tanah jawa khususnya jawa tengah, jogja, jawa timur dan sekitarnya,,dan lahir di era tahun 80an hingga 90an pasti tak asing dengan lirik tersebut..

karena pada masa kita kecil lagu-lagu "dolanan" dan lagu-lagu daerah seperti itu masih sering dinyanyikan di desa-desa oleh anak-anak kecil dikala itu..

berbeda dengan sekarang,, yang mana anak-anak usia SD lebih mengenal lagu-lagu orang dewasa yang liriknya sering "membuat penduduk Indonesia bertambah banyak" (silahkan dipikirkan sendiri maksudnya.hehe...:p),,atau mengajarkan anak kecil untuk G.A.L.A.U padahal masa kecil harusnya digunakan untuk senang-senag bukan galau..sungguh sesuatu banget...Huft..-___-

tapi soobb,,aku kali ini gak bakal mbahas masalah lagu,,karena aku sejujurnya gak ngerti musik..
tapi disini aku akan menceritakan tentang "Padang Bulan"

Padang Bulan yang mau aku ceritakan ini bukan novelnya Bang Andrea Hirata lho..
tapi Padang Bulan disini adalah suatu momen yang indah yang dahulu pernah menjadi saat-saat penuh makna,, tapi mungkin sekarang hal itu sudah banyak dilupakan oleh sebagian orang..

baru saja malam ini aku muter-muter keliling kota Bogor dan masuk ke gang di suatu kampung lalu melihat hal yang membuaku teringat dengan kampung halaman..

Saturday, 25 February 2012

Teknik Fotografi: Pemotretan Gerak

Misi agan-agan dan agan-wati serta teman-temin sekalian yang masih setia dengan "Epicentrum",,kali ini aku mau bahan masalaha fotogarafi lagi nih.

setelah kemaren bermain dengan bukaan diafragma "Arperture" sekrang kita bermain dengan Shutter Speed. sekiranya aku gak perlu jelasin lagi ya,,apa itu shutter speed..intinya itu adalah kecepatan membuka/menutupnya "rana" atau tirai yang akan mengatur seberapa lama cahaya masuk ke dalam kamera..

teman-temin sekalian dapat mengabadikan gerak dengan menggunakan lampu kilat atau rana dengan kecepatan tinggi. Namun, efek bergerak bukan hanya muncul karena sebuah gambar tampil dengan tajam. Ada kalanya, gambar yang ingin kalian tampilkan harus tampil blur untuk memberikan kesan gerak. Berikut ini beberapa teknik yang kerap dipakai untuk memberi kesan gerak pada foto.

1.Teknik Blurring
Salah satu cara paling efektif memberi kesan bergerak pada sebuah foto adalah dengan membiarkan subjek menjadi blur. Untuk memotret subjek yang bergerak menjadi blur diperlukan kecepatan rana rendah. Kecepatan rana yang diperlukan tergantung pada beberapa faktor. Kecepatan subjek yang bergerak menjadi pertimbangan utama. Sebuah mobil F1 yang melaju kencang mungkin akan menjadi blur pada eksposure dengan kecepatan rana 1/500 detik. Sementara itu, pejalan kaki akan menjadi blur pada kecepatan rana 1/30 detik saja.

Faktor penting lainnya adalah sudut pandang dari arah mana dilakukannya pemotretan dan jarak dari subjek pemotretan. Subjek yang bergerak melintas dari samping akan menjadi blur lebih cepat dibandingkan dengan subjek yang bergerak menjauh atau mendekati pemotret secara frontal. Subjek yang bergerak di dekat kalian akan lebih blur jika dibandingkan subjek yang bergerak jauh dari kalian.

nah untuk contoh diatas,aku mengambil  gambar tersebut dengan kecepetan 0.3 detik,,itu sudah cukup memberi efek blur pada gerakan arus air. tetapi efek selanjutnya yang mungkin terjadi adalah Shaking atau gambar goyang. se tenang-tenangnya manusia punya keterbatasan untuk menahan goncangan dari kamera,,olah sebab itu untuk melakukan trik ini dianjurkan menggunakan tripod..dan untuk mencegah cahaya berlebih menggunakan filter ganda lebih dianjurkan.

Tuesday, 21 February 2012

Jangan Pernah Menilai Seseorang Dari Luar

Assalamualaikum wr.wb.
Wah pengan sharing2 lagi nih tentang sebuah realita kehidupan yang aku temui selama perjalanan dengan kereta ekonomi Jakarta-Solo..sebenarnya kejadiannya udah cukup lama juga sih pada saat libur hari raya iedul adha,tepatnya tanggal 8 Dzulhijah 1430 (saya lupa tanggal masehinya,,coz yang saya inget besoknya puasa arofah aja,hehehe)..waktu itu perjalananku dimulai dari stasiun bogor pukul 17.00 bersama empat temanku yang semuanya cewek (tp saya salut dengan mereka,,meski bgitu tetap bersemangat pulang dengan kereta ekonomi,hhahaha),,tp meski mereka semua anak Fakultas Kehutanan yang  notabene udah biasa menghadapi hal2 yang berat, tapi mau gak mau aku harus bertanggungjawab jagain mereka karena cuma aku cowoknya,hehe..
Oke KRL ekonomi pun mulai bergerak menuju Stasiun Manggarai..
Sesampai di manggarai langsung sholat maghrib n langsung dijamak dengan isya,karena aku yakin gak akan bisa sholat isya di kereta,,lagian dalam safar kita umat Islam kan dapet Ruqsoh (kompensasi dari Allah):
Anas Radliyallaahu 'anhu berkata: Biasanya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bila berangkat dalam bepergian sebelum matahari tergelincir, beliau mengakhirkan sholat Dhuhur hingga waktu Ashar. Kemudian beliau turun dan menjamak kedua sholat itu. Bila matahari telah tergelincir sebelum beliau pergi, beliau sholat Dhuhur dahulu kemudian naik kendaraan. Muttafaq Alaihi. Dalam suatu hadits riwayat Hakim dalam kitab al-Arba'in dengan sanad shahih: Beliau sholat Dhuhur dan Ashar kemudian naik kendaraan. Dalam riwayat Abu Nu'aim dalam kitab Mustakhroj Muslim: Bila beliau dalam perjalanan dan matahari telah tergelincir, beliau sholat Dhuhur dan Ashar dengan jamak kemudian berangkat...
benar saja pukul 20.00 Argo Sengsara pun tiba,hehehe..dengan penumpang yang udah penuh sesak hingga kamar mandi pun terisi penuh oleh manusia,,seketika saat kami ber-5 masuk aku gak kebayang bakal bisa bertahan sampai di Solo,,bergerak aja nyaris gak bisa,, tiba2 ada seorang muda mungkin umurnya sekitar 2-3th di atas ku memanggil kami dari sambungan kereta..orangnya dekil, sangar, pake slayer menutupi mukanya lagi, persis preman deh pokoknya..
Tarik nafas dulu ya......
Aku sempat curiga dan berfikiran buruk pada orang tersebut karena penampilannya yang sperti itu, dan aku memperingatkan ke-3 temanku (karena yang satu udah berhasil mendapat tempat di selasar kereta) untuk tetap waspada..jadilah sambungan kereta ekonomi itu diisi oleh 5 orang (sebelumnya Cuma orang itu yang ada di sambungan kereta)..aku mencoba untuk ngobrol2 dengan orang tersebut,ternyata dia bekerja di jakarta dan hendak ber Iedul Adha di kampung halamannya di Cirebon,,saat ngobrol tercium aroma yang sangat aku kenal yaitu aroma ROKOK..”Tidak!!,,gawat ini,,gawat klo dia sampe ngrokok di sambungan kereta yang sangat sempit diisi 5 orang lagi,,bisa mati ini” seruku dalam hati..tiba2 salah satu temanku meminta bertukar tempat dengan ku karena ada yang merokok didekat pintu kereta “ki, tuker dong ada yang ngrokok aq gak kuat”,,aku makin bingung wah lebih gawat lagi kalau ia deket orang yang ngasih tempat ini truz orang itu ngerokok,,kasian temen aku..
Singkat cerita kereta terus melaju dan aku masih berdiri,sampai cikampek...
Tiba2 pemuda tersebut mengeluarkan bungkusan,,aku kira ia mau ngerokok,ternyata dugaan aku salah, dia ngeluarin permen,dan membaginya ke kita2...dan yang bikin aku terkejut ternyata ia bilang klo makan permen buat ganti rokok (mungkin dia tadi tau kalau ada teman aku yang gak kuat asap rokok),,Subhanallah bener2 bertolak belakang dengan mahasiswa yang gak punya malu ngerokok  didepan ibu yang sedang menyusui anak bayinya (baca note aku yg judulny “KATANYA INTELEK,,TAPI.....(Part 1)..
Setelah itu suasana pun menjadi lebih cair dan ternyata orang tersebut senang kita ajak bercanda,,dan tak terasa kereta pun tiba di Cirebon,,dan sebelum turun orang itu sempat berkata “hati2 barang2nya ya,,tetepa diawasin”...dan kereta pun terus bergerak menuju Solo dengan penumpang yang tetep berdesakkan..
Banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari long trip to Solo ini,,yaitu jangan pernah menilai seseorang dari kulit luarnya,,seorang yang berpenampilan urakkan ternyata hatinya lebih peka daripada mahasiswa yang berpakaian rapi tapi tak tau diri ngerokok di tempat umum,,dan hindarilah berburuk sangka pada seseorang sebelum kita ber-tabayun (mencari kebenaran):
Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Hindarilah oleh kamu sekalian berburuk sangka karena buruk sangka adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah kamu sekalian saling memata-matai yang lain, janganlah saling mencari-cari aib yang lain, janganlah kamu saling bersaing (kemegahan dunia), janganlah kamu saling mendengki dan janganlah kamu saling membenci dan janganlah kamu saling bermusuhan tetapi jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. (HR. Muslim)

Dan jangan pernah kita menghina seseorang yang kelihatannya rendah atau berpenampilan yang kurang baik,,karena bisa saja dibalik itu semua tersimpan kebaikkan yang tidak pernah kita duga sebelumnya..Allah berfirman:
Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (Al-Hujuraat: 11)

Semoga pengalaman aku ini dapat memberi manfaat buat teman2,,jangan pernah menilai seseorang dari penampilannya,,tapi lihat apa kebaikan yang tersimpan di dalam hatinya..dan justru orang2 yang seperti ini ternyata memiliki kepekaan yang luar biasa terhadap orang2 disekitarnya..
Keep husnuzan everybody...
Sebuah catatan dari atas kereta Ekonomi Jakarta-Solo
Jazzakallah khoiron katsiron..Wassalamualaikum wr.wb..

Sunday, 19 February 2012

Metamorfosis: Bukti kesempurnaan-Nya

Mari sebelumnya kita awali dengan awalan yang baik “bismillahirrahmanirrahim
Dan saling mendoakan diantara kita “Assalamualaikum

Penelitian-Skripsi

Dua kata yang tidak dipisahkan dari rutinitas harianku belakangan ini sebagai MTA (Mahasiswa Tingkat Akhir)..

Tapi justru itulah yang mengasyikkan soobb,,dimana keadaan hidup kita terus berjalan, waktu pun terus berputar, dan perlahan satu persatu muncul namanya "perubahan" dari apa yang kta jalanai..
Semakin dewasa,semakin banyak rintangan,dan semakin butuh revolusi serta gerakan perubahan..

Spodoptera litura (ulat grayak)
yaa,,itulah "sahabat kecilku" saat ini yang kini tinggal berdampingan denganku dalam kamar kontrakanku yang hanya seluas 3x3 meter ini.

"sahabat kecil" yang harus mendapat perhatianku setiap hari, harus diberi makan, harus dibersihkan rumahnya, dan masih banyak lagi bentuk perhatian yang harus dilakukan...karena dia lah yang nantinya turut menentukan keberhasilanku menuntut ilmu selama hampir 4 tahun kuliah di Bogor Agricultural University ini
kenapa bisa begitu...????

Yuupzz,,itulah makhluk Allah yang saat ini sedang aku jadikan bahan penelitian..
ulat yang lucu,,tapi musuh bagi petani..
ulat kecil,,yang dapat menjadi masalah besar di kebun..

Friday, 17 February 2012

Contoh Esai-ku

BELAJAR DAN BERBAGI ILMU DENGAN PETANI UNTUK MENCIPTAKAN PERTANIAN INDONESIA YANG LEBIH BAIK DAN BERKELANJUTAN

Oleh: Rizki Pradana
A34080057

Sudah sejak lama sebutan negara agraris melekat pada tanah air kita. Selama berabad-abad, pertanian pun telah menjadi mata pencarian utama masyarakat Indonesia. Karena relatif lebih mudah ditekuni oleh masyarakat, maka pertanian boleh dibilang menjadi “primadona” kala itu. Di Indonesia diperkirakan kegiatan pertanian sudah muncul pada zaman neolitik, yaitu suatu babakan dalam periode prasejarah. Pada zaman neolitik itu, masyarakat yang sebelumnya hidup secara nomaden (berpindah-pindah tempat), mulai hidup secara menetap.

Hingga saat ini pun pertanian Indonesia masih tetap bertahan dengan segala kelebihan dan kekurangannya di tengah deru jaman yang kian menggilas. Dan selama ini pun pertanian masih menjadi ujung tombak “kehidupan” di negeri ini. Peran pertanian Indonesia antara lain sebagai salah satu penyerap tenaga kerja, kontribusi terhadap pendapatan, kontribusi dalam penyediaan pangan, pertanian sebagai penyedia bahan baku, kontribusi dalam bentuk kapital, serta sebagai sumber devisa negara.
 
Untuk menjaga “eksistensi” pertanian di Indonesia, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah menciptakan suatu system pertanian terpadu dan bekelanjutan. Definisi komprehensif bagi pertanian berkelanjutan adalah meliputi komponen-komponen fisik, biologi dan sosioekonomi, yang direpresentasikan dengan sistem pertanian yang melaksanakan pengurangan input bahan-bahan kimia dibandingkan pada sistem pertanian tradisional, erosi tanah terkendali, dan pengendalian gulma, memiliki efisiensi kegiatan pertanian (on-farm) dan bahan-bahan input maksimum, pemeliharaan kesuburan tanah dengan menambahkan nutrisi tanaman, pengendalian hama dan penyakit secara terpadu dan penggunaan dasar-dasar biologi pada pelaksanaan pertanian.


Tuesday, 14 February 2012

Ada Apa dengan "Valentine Day"


Hari ini bangun pagi aku buka laptop buat nyari literatur,,eh liat tanggalan di desktop menunjukkan tanggal "14 February 2012"..(hhmm...perasaan ada sesuatu deh di tanggal 14 Februari)

ada apa dengan tanggal itu??
ada apa hayo??

.......................

Yupz jawaban temen-temen tepat sekali,,14 Februari, adalah tanggal yang telah lekat dengan kehidupan muda-mudi seperti kita ini. Hari yang lazim disebut Valentine Day ini, konon adalah momen berbagi, mencurahkan segenap kasih sayang kepada “pasangan”-nya masing-masing dengan memberi hadiah berupa coklat, permen, mawar, dan lainnya.

aku pertama kali mengenal tanggal istimewa ini waktu aku masuk SMP,,maklum dari SD kampung masuk SMP favorit di kota mulai terkontamninasi lah diriku dengan pergaulan yang selama ini tak aku kenal..

tanggal 14 februari 2003,waktu itu aku duduk di kelas 1 SMP,,pagi-pagi seperti biasa aku tiba di sekolah ketika merogoh laci meja menemukan sesuatu yang tak lain adalah sebatang coklat dengan merk #cencored (merk ternama) tertulis disitu tulisan "Happy Valentine Day" dari (seorang cewek lah tentunya),hehe..

Wednesday, 8 February 2012

Teknik Dasar Fotografi (part2)

Teknik dasar Fotografi: Dept of Field (DoF)

oke melanjutkan postingan sebelumnya tentang Teknik dasar Fotografi,pada postingan kali ini aku akan membahas tentang Dof (bukan merk sabun lho,hehe),,dan ini adalah istilah umum dalam fotografi yang sering banget kita dengar bukan.

Secara harafiah Depth of Field (DOF) berarti kedalaman ruang.atau bahasa mudahnya DOF: Ruang tajam
melihat ketajaman gambar
Di dunia fotografi, DOF secara teknis berarti rentang atau variasi jarak antara kamera dengan subjek foto untuk menghasilkan variasi ketajaman (fokus) gambar yang masih dapat diterima (tidak blur). Dengan kata lain, DOF digunakan untuk menunjukkan ruangan tertentu di dalam foto yang mendapatkan perhatian khusus oleh mata karena adanya perbedaan ketajaman (fokus)

Tuesday, 7 February 2012

Teknik Dasar Fotografi (part1)

Ayo belajat Fotografi..!!
Pasti temen-temen semua yang udah lama berkecimpung dengan dunia fotografi nggak bakal asing dengan istilah Arperture, Shutter speed, ISO, Exposure,  dan istilah-istilah lain. kadang juga sering denger fotogtafer yang bilang "Kok kayaknya exposurenya terlalu gelap yah?" Apa gak terlalu OE (Over exposed) tuh poto? Lha dalah.. exposure saya harusnya gimana to?

Jangan khawatir dan bingung dengan intilah-istilah aneh di atas friend. aku bakal membagi secuil ilmu yang aku pernah dapet tentang fotografi. tapi bukan berarti aku udah jago fotografi ya,,aku juga seorang Newbie kok yang bakal terus belajar,,dan aku membagi artikel ini juga berdasar pada artikel-artikel yang udah banyak di share di dunia maya kok.

dan satu hal yang pertama dan utama untuk belajar FOTOGRAFI adalah menegtahui teknik dasarnya yaitu... EXPOSURE...
dan moga-moga temen-teman yang baca artikel ini, amal ibadahnya diterima di sisinya,,eh salah maksudnya teman-teman akan mendapatkan sesuatu yang baru dan dapat di langsung dicoba di teknik fotografi.

Friday, 3 February 2012

Android PC: kenapa tidak

Mengubah tampilan PC atau Laptop menjadi Android

Demam OS yang mengambil logo berupa robot cebol berwarna hijau ini benar-benar merajalela belakangan ini..kalau di lihat-lihat logonya sih lucu robot chibi warna ijo gitu,tapi kalau buat aku logo Android lebih mirip Tabung gas 3kg yang tidak biasa meledak,hehehe..:p


OS (Operating System) yang tergolong baru ini “dipopulerkan” oleh produk Smartphone kenamaan dari negeri “boyband” alias Korea yaitu ...(cencored)…maaf saya tidak dibayar untuk mempromosikan ini,,lagi pula aku juga gak pake produknya,hehe..silahkan ditebak sendiri aku yakin kalian udah pada tau apa yang aku maksud,hehe..

Thursday, 2 February 2012

Secuil Kisah Dahsyat dari Kunjungan Habibie ke Garuda

Kunjungan BJ Habibie ke Kantor Manajemen Garuda Indonesia
Garuda City Complex, Bandara Soekarno-Hatta
12 Januari 2012


Pada usianya 74 tahun, mantan Presiden RI, BJ Habibie secara mendadak mengunjungi fasilitas Garuda Indonesia didampingi oleh putra sulung, Ilham Habibie dan keponakannya(?), Adri Subono, juragan Java Musikindo.

Kunjungan beliau dan rombongan disambut oleh President & CEO, Bapak Emirsyah Satar disertai seluruh Direksi dan para VP serta Area Manager yang sedang berada di Jakarta.

Dalam kunjungan ini, diputar video mengenai Garuda Indonesia Experience dan presentasi perjalanan kinerja Garuda Indonesia sejak tahun 2005 hingga tahun 2015 menuju Quantum Leap.

Sebagai “balasan” pak Habibie memutarkan video tentang penerbangan perdana N250 di landasan bandara Husein Sastranegara, IPTN Bandung tahun 1995 (tujuh belas tahun yang lalu!).

Entah, apa pasalnya dengan memutar video ini?

Wednesday, 1 February 2012

@BloggerIPB: Ini Ceritaku,Mana Ceritamu



Kenapa nge-BLOG dan kenapa ikut Komunitas Blogger IPB..??
Tanya ken--napa..#iklan

Wah-wah pertanyaan yang sulit untuk di jawab meski sepertinya Nampak sederhana..

Sebelum menjawab ke pertanyaan sedikit cerita boleh dong,,ini ceritaku tentang Ind*mie (ups salah)..maksud aku tentang awal mula aku mengenal dunia luna maya..

Siapa sih dari temen-temen mahasiswa saat ini yang gak kenal yang namanya internet??,,suatu media yang membantu kita mengenal dunia dengan lebih luas (dan lebih mudah mendapatkan literatur tanpa harus jauh-jauh ke perpustakaan,hehe)..pertama kali kenal yang namanya Internet tuh waktu duduk di bangku SMP (ya duduk di bangku lah masak di meja,ckckck) kalau gak salah inget di labkom SMP aku mulai mengenal bagamana cara googling,,meski saat itu belum punya komputer sendiri dan saat itu Warnet masih 
menjadi barang langka dan masih kalah pamor sama rental PS.


Trip to Batavia (Part2): Pusat Primata SCHMUTZER


Ceritanyaa dilanjuuut lagiii kaakaaakkhhqq…*__*

Setelah berpanas panas ria di bawah rimbunnya pepohonan Ragunan (lho di bawah pohon kok panas #koplak),,akhirnya kami menemukan jalan menuju surga,,eh salah maksudnya jalan kebenaran yaitu jalan yang kita cari menuju PUSAT PRIMATA “SCHMUTZER”

mejeng dulu
Naah udah mulai girang nih si dia,,karena kesampean juga sampai sini,,padahal dalam hati aku juga girang siih karena baru pertama kali juga kesini tapi ya jaim Laahh..hehehe

Langsung shot gun aku keluarin (aka Canon EOS 1000d),bermoncong lensa 18-200mm siap untuk mengeksplor setiap sudut dari Pusat Primata Schmutzer ini..yang konon katanya menurut kisah mahabarata ini tempat penangkaran primata terbesar di Indonesia bahkan di Dunia..


Trip to Batavia (Part1): Ragunan Zoo


Kebun binatang ragunan Jakarta..

pintu gerbang Taman Margasatwa Ragunan
 
Siapa yang tak kenal salah satu objek wisata yang terbilang paling diminati di ibu kota ini.baik tua-muda, kakek-nenek, anak-anak, ibu-ibu, hingga remaja memadati taman satwa ini.
Dan saat liburan bulan Desember ,,lalu akau sempatkan untuk mengunjungi tempat ini bersama seseorang yang special buat aku,hihi..

awalnya gini..Katanya sih si dia  belum pernah naik busway dan pengen ngrasain naik Bus Transjakarta,,daripada ke jakarta cuman buat naik busway doang mah rugi,mending sekalian jalan-jalan,,dan akhirnya aku menyusun paket liburanku sendiri bersama “si dia”.

Akhirnya diputuskan ada dua Destinasi yang akan dikunjungu dalam paket liburan “Trip to Batavia” with Rizki n Azka,hehe

Yang pertama adalah tempat penangkaran primate terbesar di Indonesia (Bahkan dikatakan yang terbesar di DUNIA ) apalagi kau bukan Pusat Primata Schmutzer. Tapi postingan ini bukan becerita tentang Schmutzer..dan yang kedua adalah kawasan Kota Tua Jakarta.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM