HeadLine

Wednesday, 30 May 2012

Pengalaman Jadi Asisten dalam Pelatihan Fotografi

Assalamaualaikum..

jumpa lagi sama aku dalam saluran yang sama,,apalagi kalau bukan di EPICENTRUM..
apa kabar kawan semua,semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah SWT..Amiiin..

kali ini mau cerita2 pengalaman aku waktu jadi asisten dosen untuk memberikan materi pelatihan fotografi di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian yang berlokasi di Rawa Banteng..

Awalnya sih aku ragu untuk jadi asisten dalam memberikan materi fotografi,,apa aku bisa jadi asisten yang berbakti bagi nusa bangsa (lhoh apa hubungannya coba,hehe),,takut nanti ada pertanyaan yang aneh2 dan aku gak bisa jawab,,bisa mati gantung di pohon kangkung nih..

Superbike (Surat Perinatah Bikin Keki)
tapi mau bagaimana lagi,, karena surat perintah udah di tangan, mau gak mau aku harus belajar lagi materi2 fotografi yang pernah aku dapat selama les privat sama dosen aku Bp. Kikin H. Mutaqin Phd,,dan dalam waktu 1minggu ilmu-ilmu hitam fotografi pun terkumpul kembali setelah lama menguap entah kemana,hehe..

Hari Rabu 9 Mei 2012 setelah sholat zuhur aku dan dosenku yang akan mengisi materi pun berangkat dari kampus IPB bogor menuju BUT di Rawa banteng,,dengan sedikit perjuangan karena kami hampir kehabisan bensin ditengah jalan akhirnya kami pun tiba di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian sekitar pukul 15.00.


dan kesan pertamaku saat masuk kantornya..
WoW amazing meen..!!!
kereeen abis lah gedungnya,,jadi pengen kerja disini nanti,hehe..:p


Gedung BUTTMKP dan Asrama BUTTMKP
gedungnya bagus, baru dan mewah pokoknya,di dalam ada aula dan tempat olah raga,bisa untuk bulu tangkis atau sekedar bermain tenis meja,,ada pula danau disamping gedung kantor dan asrama yang luar biasa bagusnya..

sebelum acara pelatihan dimulai kami (aku dan dosenku) beristirahat dulu di asrama BUTTMKP sekaligus menyiap-nyiapkan materi yang akan disampaikan, dan lagi-lagi aku berdecak kagum melihat kamar asarama yang lebih mirip kamar hotel jika dibanding dengan asrama,hehe..

suasana kamar asrama (kaya hotel bintang 3 ya,hehe)
setelah beristirahat beberapa saat dan sholat ashar,,sekitar pukul 16.00 saatnya penyampaian materi di ruangan,,tapi ternyata dari panitia ada kebijakan lain,,karena dari kepala Balai menginginkan ada praktek fotografi dengan mikroskop,,meskipun tanpa persiapan dengan beberapa pengalaman yang kami miliki akhirnya materi kelaspun dilanjutkan di ruang mikroskop..

sebenarnya kondisi mikroskop di BUTTMKP sudah sangat mumpuni,,karena di lengkapi dengan kamera yang terpasang di mikroskopnya,,jadi yang akhirnya dijelaskan disini adalah teknik mengambil foto ,mikroskop dengan menggunakan kamera digital..

tidak begitu sulit sih tekniknya, karena pada dasarnya mengambil foto mikroskop dengan Camdig hanya membutuhkan kesabaran dalam mencari fokus dan sedikit Trial and Error tentunya untuk bisa memperoleh hasil yang baik

pertama lakukan sedikit zooming pada kamera digital,lalu arahkan lensa kamera ke lensa okuler mikroskop hingga muncul titik cahaya (objek) di layar LCD setelah itu tinggal menggerak-gerakan kamera maju mundur atau kekiri ke kanan hingga memperoleh objek yang pas dan fokus.

sekita pukul 18.00 penyampaian materi pun disudahi,,untuk istirahat sholat maghrib dan makan malam bersama,,setelah selesai makan malam adalah acara bebas,,dan akupun di ajak oleh bebarepa pegawai karantina yang memang alumni Proteksi Tanaman IPB untuk ikut karaokean di aula,hehe..

Hari Kamis paginya sekitar pukul 08.00 acara dilanjutkan untuk field trip ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk praktek fotografi,,dan lokasi yang dipilih oleh panitia adalah di Taman Burung, disini pak Kikin kembali memberikan penjelasan tentang teknik dasar pengambilan gambar,,baik secara umum atau untuk kepentingan ilmiah,,dan aku mendampingi peserta jikalau ada yang memerlukan bantuan selama field trip.

peserta memperhatikan dengan seksama materi yg diberikan
setalah pemberian materi dari pak Kikin selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara bebas tapi tetep sambil mempraktekkan ilmu fotografi yang telah di berikan,,dan ini giliran aku untuk mendampingi para peserta selama muter-muter di kawasan Taman Burung untuk hunting foto..

Cukup banyak peserta yang mengajukan pertanyaan,,mulai dari teknik dasar fotografi hingga bagaimana sudut pengambilan gambar yang sesuai untuk bidang Karantina,,dengan modal ilmu yang cuman sebiji sawi aku mencoba memberikan penjelasan dengan dasar yang aku miliki,,misal untuk pengmabilan foto gejala pada daun,,untuk 1 daun saja bisa dimbil gambar hingga lebih dari 5 kali dari sudut yang berbeda untuk menggambarkan kondisi yang sesungguhnya di lapang..

nah yang ini foto ane sob..
dan yang cewe tuh alumni proteksi tanaman IPB angk'40
akupun sempat sedikit mengalami kesulitan saat harus berkomunikasi dengan salah satu peserta yang berasal dari afrika,,dengan kemampuan bahasa inggris kelas warung kopi yang aku kuasai, sedikit-sedikit bisa memberikan penjelasan kepada peserta tersebut,, alhamdulillah dia manggut-manggut saat aku kasih penjelasan (entah emang udah ngerti atau malah tambah bingung,hehe..)

peserta berdiskusi dan mempraktekkan teori yang didapat
setelah kurang lebih 2 jam berjalan-jalan di Taman Burung, sekitar pukul 12.00 siang semua peserta diminta berkumpul untuk makan siang dan sholat zuhur di masjid untuk kemudian setelah itu benar-benar dilanjutkan acara bebas sampai jam 14.00,,karena memang peserta juga sudah cukup lelah selama 3 hari mendapat materi di dalam ruangan terus perlu adanya refreshing..
setelah cape muter-muter cari objek foto sekarang saatnya jadi objek foto.^_^

para peserta pelatihan di dalam bis saat akan kembali ke BUTTMKP
nah itu tadi sekelumit kisah cintaku perjalananku selama mendampingi dosenku memberikan materi fotografi ilmiah dalam rangka kegiatan Desiminasi Metodologi dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian.

benar-benar pengalaman yang cukup luar biasa buatku,,karena dengan ikut acara ini aku bisa belajar untuk bicara dan berbagi ilmu fotografi dengan banyak orang yang rata-rata usianya lebih tua dari aku,,memang sempat takut juga sih awalnya,,tapi ternyata dengan peserta juga antusias dan justru semangat untuk bertanya membuat aku juga lebih percaya diri..

semoga di lain kesempatan aku tidak hanya menjadi asisten,, tapi bisa menjadi pemberi materi dalam acara workshop atau pelatihan fotografi seperti ini..dan ternyata bekerja dengan sesuatu yang kita sukai itu sangat menyenangkan sob..

my quote today

"Kerjakanlah apa yang kamu cintai,,dan cintailah apa yang kamu kerjakan,,maka kamu akan mendapat kesenangan dalam bekerja"

Wassalamulaikum..^_^

34 comments:

  1. ajarin fotografi juga dong :D
    kunjungan perdana

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku juga masih harus banyak belajar sob,,sharing aja ya,,klo ngajarin tuh kesannya gimna gituu,hehe..

      Delete
  2. Mau dooong diajarin bapak asisten doseeen xixixi.

    Quotenya mirip quote ini: "Choose a job you love and you will never have to work a day of your life." - Confucius

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe mbak dinie jadi malu,,masih harus banyak belajar juga kok..[malu]
      iya tah??,,aku malah baru tau ada quote itu,hehe [malulagi]

      Delete
  3. assalmualikum

    salam dari Malaysia..

    rasa terharu diri ini bila dapat kenalan dr bumi Indonesia
    kamu suka akan photografer rupanya.. pasti luas pengalaman kamu

    moga y baik2 bt kamu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iye mak cik,,terimakasih sudah sudi mampir,,salam kenal dari negeri tetangga..

      iye,,hobi saye fotografi,but im just a newbie need a study more about photography..:)

      Delete
  4. Walahhhh nambah lagi neh satu stock link photographer yg bisa di berdayagunakan *mempperhalus kata photo gratisan* wakakakakakakakkaakk

    Tengkyu sudah berkunjung ke blog ane yg carut marut, hahaahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang aja,,ada harga promosi kok pokonya,hehe..:p
      sama2,,makasih juga udah mampir ke blog ane sob..:)

      Delete
  5. mmm biasanya obyek foto apa kawan yg bagus buat pelajaran pertama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling mudah adalah landscape dan objek2 kontras yg warna-warni seperti bunga..
      tapi pada dasarnya untuk belajar objek apapun bagus buat belajar..

      Delete
  6. hai Rizki
    makasih sudah follow blog saya. Tapi saya kok ga bisa follow blog kamu ya?
    Saya juga suka banget lho sama fotografi, sudah buka bisnis foto juga sih sebenernya heheehe.
    Kalau mau liat-liat foto karya saya bisa di:
    www.nityakrisnantari.blogspot.com

    Salam kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada master fotografi juga..[malu]
      mohon bimbingannya juga mbak,,aku masih baru belajar juga kok,,dan jarang hunting [malulagi]

      aku dah lihat foto2nya,keren2 euy mantab lah pokoknya..:)

      Delete
  7. kalau di lab tempat saya melakukan penelitian udah ada kamera yang integrated sama mikroskop om, jadi ga perlu pake deketin camdig ke lensa okuler, alatnya sederhana kok, semacam web cam gitu tapi bentuknya kayak lensa okuler, jadi langsung dupasag di mikroskopnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia om,,di BUTTMKP juga udah seperti itu,,malah sedah terintegrasi langsung ke komputer,,mungkin sama kaya punya situ,,lab ane juga ada,,nah tapi di beberapa kantor Karantina daerah hanya punya mikroskop saja tanpa fasilitas kamera ,,jadi mau gak mau ngajarin pake camdig gitu..:)

      Delete
  8. salam dari malaysia....saya juga minat fotografi, cumanya ngak ada masa luang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau punya keinginan insyaAllah waktu luang bisa di cari kawan,,selama ada kemauan pasti ada jalan..:)

      Delete
  9. salam ziarah dr KL, Malaysia :) minat kita sama..me too suka photog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal pula,,terimakasih sudah sudi singgah di blog yang tidak seberapa ni..
      kita punya minat sama rupanya..:)

      Delete
  10. Replies
    1. siapa bilang minat kita tidak sama??,,kita punya minat sama,,blogging..^_^

      Delete
  11. hebat pak riski, terus berkarya ya! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ada asdos yang udah lebih sepuh nih [malu]
      harusnya saya berguru kepada anda mas Anto,hehe..

      Delete
  12. waah seru yaa... kapan2 aku tho yo ya diajarin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh-boleh mbak,,aku selalu terbuka untuk berbagi ilmu,,karena salah satu amal yg tdk terputus meski kita meninggal kelak adalah ilmu yang bermanfaat...:)

      Delete
  13. wah emang mantap dech, terus berkarya sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thans sob,,betu jg kamu,,terus berkarya dengan apapun yang kita sukai..:)

      Delete
  14. Senangnya mendapat pengalaman yang menyenangkan menjadi asisten.
    SEkarang asisten, besok-besok jadi [elatihnya sendiri sahabat

    ReplyDelete
    Replies
    1. amieen..makasih sob,,moga satu saat aku bisa jadi pemateerinyaa,,ada cita2 pengen kerja di National Geographic..:)

      Delete
  15. Amin...
    waaaaaaaa~~aku juga mau jd asdos-kul aja belom kelar :D

    jelas aja nyenengin, selain kita dah tahu harus ngapain, hal yg kita ajarkan tadi kan kita sukai juga-makanya enak aja gitu ngasih penjelasannya, ngalir kayak banyu...kalaupun ada kesalahan ya wajarlah-dosen aja juga sering salah-jadi inget hari rabu matkul b.indonesia :D

    kayaknya bule yg dr afrika itu nggak ngerti deh kamu ngomong apa, ahaha bcanda :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali mbak,,kalau kita sudah suka dengan sesuatu menjalankannya seperti air mengalir..

      aku punya pengalaman waktu awal2 belajar fotografi dipinjemin buku dari dosen yg bahasa inggris semua dlm waktu 2 hari buku selesai di baca dan dmengerti,,giliran baca jurnal kuliah yg bhsa inggris, udah 3 hari gak ngerti2,hehe..:p

      wah sepertinya sih gutu mbak,hehe..:p

      Delete
  16. pakar juga kamu dalam bidang fotografi..
    aku juga minat tapi belum pandai..masih belajar...hehehhe
    Salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jangan di bilang pakar atuh,,aku juga masih banyak belajar,,atu cuma membantu dosen saja mengisi materi fotografi di Karantina..:)

      Delete
  17. Replies
    1. alhamdulillah nih sesuatu banget,hehe..
      sedang menekuni kembali hobi Fotografi,,istirahat dari naik gunung,hehe..:p

      Delete

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM