HeadLine

Monday, 14 May 2012

Kenapa Aku Naik Gunung??

Asslamualaikum temen-temen EPICENTRUM semua..
apa kabar saudaraku sekalian,,moga senantiasa selamat dan sehat selalu..amieen...

wah udah 4 hari nih blog dianggurin,,ketelen sama berita kecelakana pesawat Sukhoi Super Jet 100 yang jatuh di gunung Salak..

sebelum dilanjutkan postingannya aku mau ucapin turut berbela sungkawa atas jatuhnya pesawat Sukhoi di Gunung Salak,,semoga korban yang meninggal arwahnya diterima di sisi Allah sesuai dengan amal dan ibadahnya masing-masing, dan keluarga yang ditinggal senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan tersebut..

nah balik maning ke Leptop,hehe..
kalau membeca judul postingan di atas,,itu adalah sebuah pertanyaan yang sering banget di tanyakan oleh temen-temen aku saat mengetahui hobiku yang tidak lazim yaitu naik gunung..

Naik Gunung
bingung juga sih jawabnya,,sama aja kalau kalian ditanya "kenapa lu suka jalan-jalan?"
karena ada banyak hal yang tidak dapat aku ungkap satu persatu mengenai alasanku kenapa aku suka mendaki atau naik gunung..its too complicated,hehe..

tapi aku pernah baca suatau kutipan

"suatu bangsa tidak akan pernah kekurangan pemimpin apabila generasi mudanya suka naik gunung.."

nah, kenapa harus naik gunung?....apa coba enaknya naik gunung?


yang gak suka naik gunung pasti terheran-heran dan bertanya-tanya, kenapa ada manusia (aneh bin ajaib kaya aku ini) yang rela capek-capek bawa tas segede karung beras terus jalan kaki berkilo-kilo meter,udah jalannya jauh nanjak pula?

kenapa ada manusia yang rela ngabisin malam tidur di dalam tenda dengan suhu sedingin kulkas (atau bahkan rela hanya beralas matras dan beratap langit)? atau bersusah payah jalan merangkak lewat jalan setapak yang sempit dan berbatu? atau mengambil resiko tersesat di gelapnya hutan rimba?

kenapa gak mending ngejugruk di rumah aja? tidur enak, makan minum enak, ngapa-ngapain aja juga enak.. kenapa harus dipersulit? kenapa harus naik gunung?

iya juga sih, emang kalau dilihat dari sudut pandang seperti itu, naik gunung sama sekali tidak menyenangkan.. apa coba asyiknya jalan kaki sejauh belasan hingga puluhan kilo? apa senengnya tersesat di hutan rimba? mau makan aja harus susah payah masak dulu, apa enaknya? di gunung juga gak ada listrik, gak ada sinyal, gak bisa internetan, gak bisa chatting, gak ada mall, gak ada kamar mandi.. bahkan banyak gunung yang gak ada sumber airnya..

trus kenapa masih ada manusia -aneh bin ajaib- yang suka naik gunung? 

jelas sekali, kalau pertanyaan itu diulang lagi jawaban setiap orang pasti berbeda-beda sob..

tapi buat aku dan mungkin juga bagi umumnya orang,, salah satu yang menjadi alasan kenapa harus naik gunung adalah karena disana kalian akan menemukan sebuah tantangan dan unsur petualangan yang harus dihadapi yang jelas gak bakal kalian temuin kalau cuma ngejugruk di rumah aja sob..

hal lain yang bikin aku suka banget naik gunung adalah disana(dipuncak gunung *red) kalian akan menjumpai yang namanya keindahan, kedamaian, dan ketenangan,,baik suasana yang dirasakan secara fisik maupun suasana hati pun yang ikut merasakan keindahan dan kedamaian tersebut..

tapi apapun alasannya (minumnya Teh Botol Sosor,hehe), sebenarnya banyak sekali lho manfaat yang didapat kalau kita naik gunung..

di gunung kita akan mengerti bahwa dalam hidup ini ada yang lebih penting dari harta semata, kita akan belajar tentang kebersamaan, kita akan belajar bahwa diperlukan sebuah perjuangan untuk mendapatkan sesuatu yang berharga. ketika tersesat kita akan belajar bagaimana berfikir dan bersikap cepat, tanggap, dan tepat.. dan saat itu kita dituntut untuk selalu tenang dalam menghadapi apa yang ada di depan kita, kita akan belajar tentang mengambil resiko, tentang tanggung jawab, tentang keberanian.. kita akan menguji diri kita sendiri, melewati batas - batas yang mengurung diri kita, dll..

selain itu pula, dengan kita menyaksikan keindahan alam yang ada di negeri ini, akan menumbuhkan rasa syukur yang luar bisa terhadap Sang Maha Pencipta yaitu ALLAH S.W.T betapa luar bisanya Dia menganugerahkan kekayaan alam yang terbentang begitu indah yang tersimpan ribuan meter diatas permukaan laut..serta akan memunculkan pula suatu perasaan cinta yang kuat pada tanah air..rasa nasionalisme. dan kita pun akan menjadi lebih bangga menjadi "orang Indonesia"

Soe Hok Gie pernah berkata "kami jelaskan apa sebenarnya tujuan kami, kami katakan bahwa kami adalah manusia-manusia yang tidak percaya pada slogan. patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan. seseorang hanya bisa mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal objeknya. dan mencintai tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat. karena itulah kami naik gunung"

dan jika masih ada yang tanya kenapa aku suka naik gunung? aku kira tidak ada satupun dari kita termasuk diriku sendiri yang bisa menjabarkan jawabnya (kalau mau dijabarin satu-satu bisa habis lima lembar folio,hehe)..

yang jelas tidak ada jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan seperti itu, di gunung hanya ada sesuatu untuk dirasakan namun sulit di jelaskan.. harus naik gunung untuk bisa mengerti jawabannya..^_^

wassalamulaikum


oia ini sedikit jawaban beberapa orang kalau dihadapkan dengan pertanyaan "Kenapa Naik Gunung?"

sumber: disini

43 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. waaahhh...kakak tulisannya udah tingkat dewa (lebay)..
    mohon bimbingannya dan salam kenal ^o^

    ReplyDelete
  3. kenapa aku naik gunung?!
    karena aku tidak bisa naik pantai.
    *apaan sehh?!*
    [--"]

    ReplyDelete
  4. @catatan ku: just to share,,tulis aja apa yg ada di pikiran..:)
    saling share aja..
    salam kenal juga..^_^

    ReplyDelete
  5. @ichal: karena gunung ada..ada untuk di daki,hehe..:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena itulah caraku menghargai hidup.
      ^_^

      Delete
  6. Kalo sudah hoby memang gak bisa dinilai dengan rupiah ya sob hehehe...

    ReplyDelete
  7. @Coretanku: meski penuh bahaya tetep terus dilalui dan dijalani sob,hehe..:p

    ReplyDelete
  8. wahh..ternyata blog agan lebih baguss..
    inspiratif banget,
    agan kuliah di IPB yak?? dulu pernah ldk di alhurriyah,kapan2 mampir sana

    nge-blog itu adalah keharusan,
    tp ane skg baru UTS, blum sempet nulis lagi..hehe

    salam blogger..

    ReplyDelete
  9. @ilzam nuur: terima kasih,,blog ente juga gak kalah keren sob..:)
    ente dari mana?,kok bisa ikut ldk di ALhur?

    sukses buat UTS nya jgn lupa berdoa,,pertolongan Allah selalu ada buat orang2 yg dekat dengan Nya..:)

    ReplyDelete
  10. rupanya hobby loe sama kayak si STUMON ya sob! kalo gue misalnya punya keinginan jadi pendaki, tapi dimana mesti dapetin gunung untuk didaki????.. disini kampung yg tak ada pegunungannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. punten emang kampung ente dimana??
      cari yang deket dan tidaj terlalu tinggi dulu sob,,yg penting ngrasain sensasinya dlu..:)

      Delete
  11. ane pngn naik gunung tapi gk kesmpean hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin di lain kesempatan sob..:)
      ane malah sekarang lg break dulu naik gunungnya..:(

      Delete
  12. wahhh... sohib ku ini macam,, anak buahnya almarhum bapak menteri ESDM saja.. mantaf... mantaf.. lanjutkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah,,selama masih banyak pemuda yg gemar naik gunung maka Indonesia tidak akan pernah kekurangan pemimpin..:)

      Delete
  13. Wahhh, ternyata naik gunung gak sekedar naik yah...
    kasian bgt kl yg niatnya hanya mau ikut-ikutan, gaya-gayaan...
    soalnya maut didepan mata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,,emang naik gunung itu butuh persiapan dan perhitungan yg matang,gak sekdar naik,karena jelas banyak hambatan yg akan dilalui,,tp sebernya juga gak terlalu ribet jg,,nanti aku posting deh bahwa naik gunung juga gak harus ribet..:)

      makasih udah mampir..:)

      Delete
  14. halo gan,
    tetap semangat tinggi ya untuk jalani hari ini ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks buat semangaatnya sob..
      kunjungan balik sudah terlaksana..
      salam kenal sob..:)

      Delete
  15. Jadi pingin mendaki gunung..
    ane juga suka sama daerah pegunungan.. pingin ngikut pecinta alam kalo kuliah nanti...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau naik gunung gak harus ikut pencinta alam kok sob,,tp klo mau ikut itu lebih baik,bisa dpt banyak ilmu..:)

      Delete
  16. terima kasih atas kunjugannya,,, sudah saya folbeck kawan.. blog yang kaya dan inspiratif ,,, salam hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih,,salam kenal juga..:)
      semoga bisa saling berbagi manfaat..:)

      Delete
  17. naik gunung itu proses yang melelahkan, sampai dipuncak semua kelelahan hilang seketika, jadi untuk mencapai puncak dalam hidup dibutuhkan proses yang melelahkan...sudah pernah repling di menara alhur? indah lo kang, apalagi kalo ada bis kampus...kaya semut lagi berjalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pengen juga kang repeling,,belum ada kesempatan,,maklum bukan anak mapala,,cuma seorang pencinta alam bebas yg bebar2 bebas..:)

      Delete
    2. wah, nda perlu jadi anak mapala...sediain aja alatnya, minta ijin ke pengurus terus naik deh..aku juga bukan anak mapala...sayang banget kalo anak IPB udah menaklukan banyak puncak tapi puncak di IPB belum ditaklukan

      Delete
  18. wlaupun ak gak suka naik gunung, tapi mungkin dari sebagian orang yang suka/hobi merupakan kesenangan tersendiri dan terbayar saat liat pemandangan dari puncak . hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mbak semua terbayar ketika kita mencapai puncaknya..:)

      Delete
  19. teringin nak buat aktiviti lsak camni

    ReplyDelete
  20. naik gunung gak enak..
    tapi ENAK BANGET!
    hahaha :D

    salam kenal rizki ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju,hehe..
      salam kenal juga mbak..:)

      Delete
  21. Replies
    1. salam pendaki..
      saling bagi info lah ya..:)

      Delete
  22. SALAM LESTARI..

    artikel nya sangat menarik sekali mas, apalagi pas kata

    "suatu bangsa tidak akan pernah kekurangan pemimpin apabila generasi mudanya suka naik gunung"..

    digunung kita dididik minimal untuk memimpin diri kita sendiri. orang yang suka naek gunung cendrung memiliki jiwa pemimpin dan mempunyai kepercaya dirian. itulah sebabnya saya suka naek gunung,,,, sekali naik gunung pasti ketagihan,.,. bravo mas arikelnya... terus nya menulis.... ^_^...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas,,di gunung kepribadian seseorang yg sebenarnya akan kelihatan,,apaka dia care, egois, atau setia kawan semua terlihat ketika kita mendaki..:)
      iya,,mountaneering adict

      iya insyaallah selalu menulis yg barangkali bisa bermanfaat..:)

      Delete
  23. saya belum pernah naik gunung... dan sepertinya lebih berminat mendengar ceritanya saja ^_*

    ReplyDelete
  24. Gw udah beberapa kali naik gunung, tapi sampe sekarang gw gak ngerti apa yg membuat gw pengen naik gunung lagi. padahal kalo dipikir-pikir ada benernya kalo naik gunung itu bikin capek. tapi entah kenapa pasa capeknya ilang, jadi pengen naik lagi. wakakaka

    ReplyDelete
  25. saya kok merasa familiar ya dengan postingan ini???

    ReplyDelete
  26. AH jd inget masa lalu, jadi pengin naik lagi setelah baca.....heeee

    ReplyDelete
  27. sudah jadi hobby kak, jadi pengen dan pengen lagi naik gunung, mungkin kalo yang ga hobby sekali naik gunung ampun ya kak, mana perlengkapnnya itu banyak sekali ya :)

    ReplyDelete
  28. pertama diajak temen, kedua sangat ingin naik gunung lagi dan yang ketiga kecanduan :D

    ReplyDelete

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM