HeadLine

Sunday, 6 May 2012

Yuk Donor Darah

Donor Darah
Haduuh...gak tau kenapa nih, beberapa hari belakangan badanaku kok kerasa gak enak gitu ya,,dan gak tau kenapa juga, rasanya kok seperti ada yang kurang apa gitu dari badan aku ini..
setelah iseng-iseng aku coba lihat kalender,,betapa terkejutnya diriku,karena ternyata..

"aku telat 2 bulan"

ups,,jangan berfikir aneh-aneh dulu sob,,gini-gini eyke gak mungkin hamil lah yao,, kan eyke cowo tulen boo (nada banci taman lawang,haha)..

maksud aku telat 2 bulan itu,aku udah telat gak donor darah selama 2 bulan,,karena aku biasa donor darah itu rutin setiap 3 bulan sekali sob,,dan jadwal aku donor darah terakhir harusnya bulan Februari kemarin..
mungkin karena aku juga disibukkan degan tugas akhir,,jadi lupa donor darah deh,hehe..

tapi akhirnya sabtu kemaren kembali lagi aku bisa menunaikan satu tugas mulia untuk berbagi kepada sesama lewat yang namanya donor darah..
dan kali ini aku gak sendiri,tapi ditemani kakak kelasku Bang Rachmat Widyanto,yang paling semangat ngajakin buat donor darah,,dan pengen banget bisa donor darah bareng satu kosan,meskipun belum sempat terlaksana..

Aku pun juga cukup senang waktu ngelihat daftar di kartu donor aku ternyata sudah mencapai angka 17 kali terhitung dari pertama kali aku ikut donor darah waktu kelas 2 SMA,,kalau gak salah sekitar bulan Februari 2007..disitulah aku mulai menjadi anggota Donor Darah Sukarela.

sampai udah ganti kartu lho [sedikit bangga biar yg lain termotifasi]
didukung pula oleh ayahku yang juga menjadi Pendonor Sukarela dari masa beliau bujang hingga sekarang (bahkan terakhir beliau dapat penghargaan dari propinsi Jawa tengah lho,, setelah beliau tercatat 75 kali mendonorkan darahnya),,kalau 100 kali katanya diundang ke Istana Negara..:)

sedikit informasi ya buat teman-teman Epicentrum sekalian Donor Darah itu banyak sekali lho manfaatnya. baik untuk penerima maupun juga pemberi donor. Pendonor kaya aku ini bahkan meraup banyak manfaat kesehatan dari darah yang disumbangkan.

Dari beberapa info yang aku baca dari mbah gugel, donor darah itu katanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung lho. Zat besi yang berlebihan di dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Oksidasi ini akan menumpuk pada dinding arteri yang pada akhirnya akan memperbesar risiko terkena serangan jantung dan stroke..nah dengan donor darah karena darah selalu berganti dapat mengurangi penumpukan zat besi yang berlebihan.

Donor darah juga diketahui juga dapat membantu tubuh untuk mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Temen-temen semua gak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah. Sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.

bener gak sih donor darah itu bikin ketagihan??
maybe yes,,maybe no

kenapa begitu,,karena itu kembali lagi ke sugesti kita masing-masing,,seperti aku ini yang sudah mensugesti diri aku kalau sampai telat donor darah pasti badan kerasa gak enak,lemes dan ada yang kurang,,tapi ada, dan bahkan banyak yang menjadi pendonor rutin tapi biasa aja..

Tapi dengan mensugesti seperti aku bahwa donor darah itu menjadi suatu kebutuhan,,dapat mendorong kita untuk selalu bersemangat mendatangi Unit Transfusi Darah terdekat guna menyumbangkan sedikit darah kita bagi sesama,,dan tentunya kita dapat bermanfaat bagi bagi manusia lain yang membutuhkan,,kata slogan PMI....

"Setetes Darah Anda adalah Nyawa bagi Orang Lain"

nah tertarik untuk mengikuti jejakku sebagai Pendonor Sukarela??
syarat-syarat yang pengen menjadi pendonor antara lain:
  1. usia 17-60 tahun
  2. sehat jasmani dan rohani menurut pemeriksaan dokter
  3. berat badan minimal 45 kg
  4. tekanan darah sistolik 100-180 mmHg dan diastolik 50-100 mmHg
  5. kadaran hemoglobin minimal 12,5 g/dl
  6. tidak menderita penyakit beresiko tinggi seperti HIV/AIDS, hepatitis, dan sifilis
  7. bagi wanita yang tidak haid, hamil dan menyusui
Hampir lupa,, ada lagi manfaat dari donor darah bagi pendonor,,yaitu dengan donor darah merupakan langkah ampuh  dalam menjalani program diet. Sebab dengan memberikan sekitar 350-450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori sekitar 650 kalori. Jumlah kalori ini cukup untuk mengurangi lingkar pinggang Anda. 

Nah Teman-Teman Tunggu apa lagi? 
Yuk donor darah!!

Yuk Donor Darah.!!

19 comments:

  1. Wow kamu keren ihhh donor berkali2. Aku belum pernah donor :( pernah sih hampir donor sudah masuk ke PMI namun gagal karena nomor 4 dan 7 tidak terpenuhi.

    Mudah2an lain kali bisa ya.

    ReplyDelete
  2. wah nice posting. tapi saya adalah termasuk orang yang tidak pernah mendonorkan darah. Jujur, satu hal yang paling saya takuti adalah jarum suntik *walaupun banyak org yang menasehati saya bahwa takutlah hanya kepada Allah* tapi menurut saya ini lain hal. Saya bisa berbagi dengan sesama dalam bentuk hal lain selain donor darah, mungkin sudah tertanam paradigma demikian di otak saya. karena jujur, saya takut. hehe
    makanya two thums up deh, kamu sudah rutin donor darah! hebat... :)

    ReplyDelete
  3. wahay...^^
    aku beloom ckup umur :)

    ReplyDelete
  4. @Haya Nufus: wah silahkan dicoba lain kesempatan ya mbak,,donor itu meneyehatkan..:)

    @Haya Nufus: tak apa,,masih banyak cara berbagi dengan sesama kok,,sedekah slah satunya..:)

    @Himi^^: sabar,,kalu dah cukup dicoba ya,,karena dengan donor mengajarkan kita untuk berkorban dan berbagi dengan sesama..:)

    ReplyDelete
  5. wahh,.. aku gak pernah donor daraahh.. :(
    takuutt aku.. parnoo :)

    ReplyDelete
  6. @cah_kesesi_ayutea: masih banyak yg takut jarum nih sepertinya,hehe..:)

    ReplyDelete
  7. blm pernah nge'donor...
    agak takut ma jarum :D

    kunjungan pertama.
    slm kenal^______^

    ReplyDelete
  8. sama disini, saya takut jarum, hahahaha XD

    ReplyDelete
  9. Berarti yang pernah saya dengar bahwa klau orang sudah sering donor darah secara teratur kemudian tak donor darah, perasaannya menjadi tak enak itu betul yah .. :) Semoga konsisten yah ...

    ReplyDelete
  10. widihhh keren banget lo rutin donor darah... pasti sehat terus ya...gue udah 3 kali mau donor darah tapi ditolak mulu... HB bagus tapi tekanannya rendah mulu :(((

    ReplyDelete
  11. @Mugniar: ya bisa bener bisa gak,,kan tergantung sugestinya masing2 mbak..:)

    @Annisa Solikha: Alhamdulillah bs rutin..:..wah banyak akan daging kambing mak biar tekanannya naik,hehe..:p

    ReplyDelete
  12. Kalo badanya kurus bisa donor gak sih sob? soalnya badanku kurus hehehe...

    ReplyDelete
  13. @Coretanku: kalau lebih dari 45kg mah boleh2 aja kok sob,,ayo2 donor darah..:)

    ReplyDelete
  14. ingin sekali bisa donor darah.. tetapi karena harus terapi rutin minum obat jadi tidak pernah diperbolehkan donor darah.. semoga selalu ada kesempatan lain unt berbuat kebaikan.. :)

    ReplyDelete
  15. @Indah Prihatin: insyaallah masih sangat banyak jalan untuk kita dapat saling berbagi kepada sesama..^_^

    ReplyDelete
  16. donor darah itu "sakit-sakit nikmat"
    kenapa?
    sakit karena namanya juga diambil darahnya. kalau tau sih jarumnya itu dahsyat. waktu ditusuk ke tangan rasanya pasti agak ngilu gitu.
    nikmatnya karena kita bisa menolong sesama walaupun cuma dengan darah kita.
    merasa beruntung pernah donor darah walaupun bukan pendonor tetap :D

    ReplyDelete
  17. thanks for following my blog..appreciate it! =)..done followed yours..anyway nice blog..

    ReplyDelete
  18. Woww... salut sama agan! gw blm pernah donor darah, liat jarumnya ja langsung keringetan :D

    ReplyDelete

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM