HeadLine

Saturday, 19 May 2012

Komposisi dalam Fotografi

Assalamualaukum ya sohibbul Epicentrum..
apa kabar teman-teman semuanya??,,semaoga selalu dalam keadaan baik..

udah lama nih aku gak share masalah Fotografi..
nah pada kesempatan kali ini aku mau berbagi tentang hal yang cukup penting dalam fotografi,yaitu hal yang harus diperhatikan ketika kita hendak melakukan "Eksekusi" atau pengambilan gambar..

apakah itu??
yak,,Mengatur Komposisi

Komposisi dalam Fotografi
Untuk menghasilkan karya yang menarik di butuhkan komposisi dalam pengambilan gambar. Komposisi adalah cara mengatur atau menyusun beberapa unsur objek menjadi satu kesatuan yang menarik sehingga objek menjadi pusat perhatian Poi ( Point Of Interest ). Unsur–unsur tersebut bisa berupa garis, bentuk, ruang, bayangan, warna tekstur dan sebagainya. Komposisi yang baik bisa membangun “mood” suatu foto.

Prinsip efektif foto adalah, dengan memfokus apa yang ingin disampaikan. Objek utama harus ditonjolkan dan pisahkan objek yang tidak penting atau mengganggu. Pilihlah Latar belakang (background) yang sederhana. Bila latar belakan dirasa akan mengganggu objek bisa menggunakan cara pengaburan latar belakang. Usahakan objek menghadap cahaya. Sertakan latar depan (foreground) agar memiliki kesan kedalaman gambar. 

Yang paling utama dari aspek komposisi adalah menghasilkan visual impact- sebuah kemampuan untuk menyampaikan perasaan yang anda inginkan untuk berekspresi dalam foto anda. Dengan demikian anda perlu menata sedemikian rupa agar tujuan anda tercapai, apakah itu untuk menyampaikan kesan statis dan diam atau sesuatumengejutkan, beda, eksentrik.

Dalam komposisi klasik selalu ada satu titik perhatian yang pertama menarik perhatian (Poi). Hal ini terjadi karena penataan posisi, subordinasi, kontras cahaya atau intensitas subjek dibandingkan sekitarnya atau pengaturan sedemikian rupa yang membentuk arah yang membawa perhatian pengamat pada satu titik.Secara keseluruhan, komposisi klasik yang baik memiliki proporsi yang menyenangkan. Ada keseimbangan antara gelap dan terang, antara bentuk padat dan ruang terbuka atau warna-warna cerah dengan warna-warna redup.

Pada kesempatan-kesempatan tertentu, bila dibutuhkan mungkin anda akan membutuhkan komposisi anda seluruhnya simetris. Seringkali gambar yang anda buat lebih dinamis dan secara visual lebih menarik bila anda menempatkan subjek ditengah. Anda harus menghindari sebuah garis pembagi biarpun itu vertikal.


Untuk menghindari sebuah gambar yang dinamis diperlukan juga kehadiran irama. Irama ini terjadi karena adanya pengulangan berkali-kali sebuah objek yang berukuran kecil. Kehadiran irama dalam gambar mengesankan adanya suatu gerakan.
  • Garis
    Fotografer yang baik kerap menggunakan garis pada karya-karya mereka untuk membawa perhatian pengamat pada subjek utama. Garis juga dapat menimbulkan kesan kedalaman dan memperlihatkan gerak pada gambar. Ketika garis-garis itu sendiri digunakan sebagai subjek, yang terjadi adalah gambar-gambar menjadi menarik perhatian. Tidak penting apakah garis itu lurus, melingkar atau melengkung, membawa mata keluar dari gambar. Yang penting garis-garis itu menjadi dinamis.
Perpaduan objek dan Garis
  • Shape
    Salah satu formula paling sederhana yang dapat membuat sebuah foto menarik perhatian adalah dengan memberi prioritas pada sebuah elemen visual. Shape adalah salah satunya. Kita umumnya menganggap shape sebagai outline yang tercipta karena sebuah shape terbentuk, pada intinya, subjek foto, gambar dianggap memiliki kekuatan visual dan kualitas abstrak. Untuk membuat shape menonjol, anda harus mampu memisahkan shape tersebut dari lingkungan sekitarnya atau dari latar belakang yang terlalu ramai. Untuk membuat kontras kuat antara shape dan sekitarnya yang membentuk shape tersebut. Kontras ini dapat terjadi sebagai akibat dari perbedaan gelap terang atau perbedaan warna.
    Sebuah shape tentu saja tidak berdiri sendiri. Ketika masuk kedalam sebuah pemandangan yang berisi dua atau lebih shape yang sama, kita juga dapat meng-crop salah satu shape untuk memperkuat kualitas gambar.
  • Form
    Ketika shape sendiri dapat mengindentifikasikan objek, masih diperlukan form untuk memberi kesan padat dan tiga dimensi. Hal ini merupakan faktor penting untuk menciptakan kesan kedalaman dan realitas. Kualitas ini tercipta dari bentukan cahaya dan tone yang kemudian membentuk garis-garis dari sebuah objek. Faktor penting yang menentukan bagaimana form terbentuk adalah arah dan kualitas cahaya yang mengenai objek tersebut.
Pengaturan tone yang tepat
  • Tekstur
    Sebuah foto dengan gambar teksur yang menonjol dapat merupakan sebuah bentuk kreatif dari shape atau pattern. Jika memadai, tekstur akan memberikan realisme pada foto, membawa kedalaman dan kesan tiga dimensi ke subyek anda.
    Tekstur dapat terlihat jelas pada dua sisi yang berbeda. Ada tekstur yang dapat ditemukan bila kita mendekatkan diri pada subyek untuk memperbesar apa yang kita lihat, misalnya bila kita ingin memotret tekstur permukaan sehelai daun. Ada pula saat dimana kita harus mundur karena subyek yang kita tuju adalah pemandangan yang sangat luas. Tekstur juga muncul ketika cahaya menerpa sebuah permukaan dengan sudut rendah, membentuk bayangan yang sama dalam area tertentu.
    Memotret tekstur dianggap berhasil bila pemotret dapat mengkomunikasikan sedemikian rupa sehingga pengamat foto seolah dapat merasakan permukaan tersebut bila menyentuhnya. Sama seperti pattern, tekstur paling baik ditampilkan dengan beberapa variasi dan nampak melebar hingga keluar batas gambar.
Menonjolkan Tekstur
  • Patterns
    Pattern yang berupa pengulangan shape, garis dan warna adalah elemen visual lainnya yang dapat menjadi unsur penarik perhatian utama. Keberadaan pengulangan itu menimbulkan kesan ritmik dan harmoni dalam gambar. Tapi, terlalu banyak keseragaman akan mengakibatkan gambar menjadi membosankan. Rahasia penggunaan pattern adalah menemukan variasi yang mampu menangkap perhatian pemerhati.
    Pattern biasanya paling baik diungkapkan dengan merata. Walaupun pencahayaan dan sudut bidikan kamera membuat sebuah gambar cenderung kurang kesan kedalamannya dan memungkinkan sesuatu yang berulangkali menjadi menonjol.
susunan "Pattern"

Dengan mempelajari prinsip-prinsip komposisi di atas, berikut ini adalah beberapa jenis yang dapat anda gunakan :
  • Rule of thirds
    Bayangkan ada garis-garis panduan yang membentuk sembilan buah empat persegi panjang yang sama besar pada sebuah gambar. Elemen-elemen gambar yang muncul di sudut-sudut persegi panjang pusat akan mendapat daya tarik maksimum.
Rule of thirds
  • Format : Horizon atau Vertikal
    Proporsi empat persegi panjang pada viewinder memungkinkan kita untuk melakukan pemotretan dalam format landscape/horizontal atau vertikal/portrait. Perbedaan pengambilan format dapat menimbulkan efek berbeda pada komposisi akhir. Lihatlah pada jendela bidik secara horizontal maupun vertikal dan tentukan keputusan kreatif untuk hasil terbaik.
Format Horizon
  • Keep it simple
    Dalam beberapa keadaan, pilihan terbaik adalah keep it simple. Sangat sulit bagi orang yang melihat sebuah foto apabila terlalu banyak titik yang menarik perhatian. Umumnya makin ?ramai? sebuah gambar, makin kurang menarik gambar itu. Cobalah berkonsentrasi pada satu titik perhatian dan maksimalkan daya tariknya.
simpel dengan 1 Poi
  • Picture scale
    Sebuah gambar yang nampak biasa namun menjadi menarik karena ada sebuah titik kecil yang menarik perhatian. Dengan pemotretan landscape atau monument, kembangkan daya tarik pemotretan dengan menambahkan obyek yang diketahui besarnya sebagai titik perhatian untuk memberikan kesan perbandingan skala.
Becak sebagai Picture scale
  • Horizons
    Merubah keseimbangan langit dan tanah dapat mengubah pemandangan gambar secara radikal. Bila gambar hampir dipenuhi oleh langit akan memberikan kesan polos terbuka dan lebar tapi bila langit hanya disisakan sedikit di bagian atas gambar, akan timbul kesan penuh. 
  • Leading lines
    Garis yang membawa mata orang yang melihat foto ke dalam gambar atau melintas gambar. Umumnya garis-garis ini berbentuk :
    Garis-garis yang terlihat secara fisik misalnya marka jalan atau tidak terlihat secara langsung misalnya bayangan, refleksi.
susunan garis yang ritmik
  • Be different
    Barangkali ada bidikan-bidikan lain yang dapat diambil selain pendekatan dari depan dan memotret paralel ke tanah. Bergerak mendekat dari yang diduga seringkali menghasilkan efek yang menarik.
  • Colour
    Membuat bagian dari gambar menonjol dari background. Cara utama untuk memperoleh hal ini adalah memperoleh subyek yang warna atau nadanya berbeda secara radikal dengan background.
objek yang kontras
  • Framing
    Bila subyek secara khusus mempunyai bentuk yang kuat, penuh frame dengan subyek. Baik itu dengan cara menggunakan lensa dengan fokus lebih panjang atau bergerak mendekati subyek. atau menjadikan objek disekililingnya menjadi bingkai terhadap Point if Interest
dinding sebagai frame
  • Shooting position
    Ketika kita merasa jenuh dengan komposisi yang itu-itu saja, cobalah meurbah sudut pandang sepenuhnya. Misalnya posisi duduk ke posisi berdiri atau pengambilan bidikan dari atas atau bawah dari subyek.
  • Number of subject
    Pemotretan dengan banyak subyek yang relatif seragam, kurang menarik dari pandangan komposisi. Temukanlah salah satu subyek yang ?berbeda? diantara sekian banyak subyek tersebut. Berbeda diartikan berbeda gerakan, bentuk dan warna.
 nah itu tadi penjabaran panjang lebar dan tinggi dari aku,,sekali lagi aku yang newbie ini bukan bermaksud sok jago dalam fotografi,,tapi hanya ingin berbagi sedikit ilmu yang pernah aku dapet dan aku terapin selama ini..

kan salah satu amalan dalam hidup ini yang sampai kita meninggal akan terus di bawa adalah "Ilmu yangBermanfaat" iya to??,,jadi semoga ilmu ini bermanfaat bagi kita semua..

Salam Jepreet...!!!


Photo sample @copyright RizkiPradana 2012
Article source: click here

36 comments:

  1. Beberapa kaidah2 komposisi diatas sudah saya praktekkan, dan hasilnya memang Wow... bahkan untuk phototaker amatiran seperti saya.

    gambarnya asik-asik Om... kerenlah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak,,aku juga baru belajar kok,masih Newbie..
      setidaknya segala sesuatu kalau tau ilmunya pasti berjalan dengan baik..:)

      Delete
  2. wah terima kasih nih Mas tipsnya. kebetulan saya juga tertarik dengan dunia fotografi

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat belajar,,semoga bermnafaat..
      dan terimakasih sudah berkenan mampir..:)

      Delete
  3. makasih sob, untuk tipsnya, sangat bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama2,,salaing bertukar info aja ya,,moga bisa bermanfaat dan menambah wawasan..:)
      makasih juga udah mampir..:)

      Delete
  4. saya suka yg color dan picture scale ... kesannya lebih artistik ..
    sayang gak punya kamre nih .. hehehe ...
    salam kenal sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sob..:)
      iya yg picture scale udah melalui editing,jg becaknya aja yg berwarna,buat menambah kesan,hhe..:)
      salam kenal juga dan terimakasih sudah berkunjung..:)

      Delete
  5. tips yang sangat bermanfaat...
    itu fotonya keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih apresiasinya,saling berbagi hal yang bermanfaat bagi orang lain..:)

      Delete
  6. Suka! Foto2nya bagus :D

    terutama foto kupukupunya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu suka kupu2 ya??,aku juga suka,,suka buat di jadiin objek foto karena mereka memang cantik2,hihihi,,:)

      Delete
    2. Suka bangeeeet. Liat aja blog saya bertebaran kupukupunya hehehe...

      btw, kalo yg suka foto2 itu adek saya. Beberapa hasil jepretannya saya pajang di http://www.dhzblog.com/2012/05/danbo-activity.html boleh dinilai :D

      Delete
  7. Replies
    1. wah bukan mas,,masih newbie,,masih belajar kok..
      makasih udah mampir..:)

      Delete
  8. nice blog checkout mine on

    http://www.onjokes.blogspot.com


    feel free to leave a comment

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for visit..
      visit back is done..:)

      Delete
  9. Tips yang bermanfaat, terutama buat saya yang masih amatiran nih.
    Trims atas kunjungannya ke blog saya. Saya follow blog ini. Follow balik ya...

    ReplyDelete
  10. tips yang cukup panjang hanya untuk sebuah jepretan! thank dulu untuk tipsnya, tapi gue mo jujur kalo gue nge-jepret hanya untuk sekedar iseng aza hehehe..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane juga hobi fotografi berangkat dari keisengan dan kamera pinjaman bung..:)

      Delete
  11. Menarik untuk disimak, secara saya juga suka dengan dunia Fotografi. :)

    (sekalian kunjungan balik) hehe...

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga sob..:)
      yupz siapa sih yang gak suka yang namanya fotografi,,apalagi bisa memahami ilmunya..:)

      Delete
  12. yang Leading lines keren. Ini lo yang foto sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masbro,,fotonya ane sendiri yg take semua,,tapi masih pas2an,,maklum newbie..

      Delete
  13. ita pun memang minat dengan fotografi....
    masih lagi belajar macamana untuk menghasilkan gambar yang unik dan indah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah salah satunya dengan memahami penataan komposisi supaya bisa dapet gambar yang bagus..:)
      maksih sudah mampir..:)

      Delete
  14. Maaf, macam mana saya nak follow? Tak jumpa pula button follower. Untuk pengetahuan, saya tiada facebook atau twitter. Biasanya saya follow melalui blogspot saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa follow di button di paling bawah page ini..
      terimakasih..:)

      Delete
  15. selamat menyambut bulan rejab. bersama beramal ye. ;)

    ReplyDelete
  16. makasih bro masukannya sangat bermanfaat untuk hobi fotografi ku ni

    ReplyDelete
  17. weleh..
    lagi ae googling, entuk e yo sk kanca dewe. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha,,mending langsung kontak aku wae dee..:p

      Delete
  18. Syukron Kastir nieh Mas Riski ... dah memberi saran buat sy ( Pemula ) yang lgi belajar Jepret-Jepret ...... semoga tambah kreasi, pengalaman dan lebih Cetar mengenai dunia Fotograpy ....

    ReplyDelete

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM