HeadLine

Wednesday, 1 February 2012

@BloggerIPB: Ini Ceritaku,Mana Ceritamu



Kenapa nge-BLOG dan kenapa ikut Komunitas Blogger IPB..??
Tanya ken--napa..#iklan

Wah-wah pertanyaan yang sulit untuk di jawab meski sepertinya Nampak sederhana..

Sebelum menjawab ke pertanyaan sedikit cerita boleh dong,,ini ceritaku tentang Ind*mie (ups salah)..maksud aku tentang awal mula aku mengenal dunia luna maya..

Siapa sih dari temen-temen mahasiswa saat ini yang gak kenal yang namanya internet??,,suatu media yang membantu kita mengenal dunia dengan lebih luas (dan lebih mudah mendapatkan literatur tanpa harus jauh-jauh ke perpustakaan,hehe)..pertama kali kenal yang namanya Internet tuh waktu duduk di bangku SMP (ya duduk di bangku lah masak di meja,ckckck) kalau gak salah inget di labkom SMP aku mulai mengenal bagamana cara googling,,meski saat itu belum punya komputer sendiri dan saat itu Warnet masih 
menjadi barang langka dan masih kalah pamor sama rental PS.


Gak perlu berpanjang lebar deh,, kalau panjang-panjang kasihan yang cewek dan kalau lebar-lebar kasihan yang cowoknya (Lhoh apaan coba ini,hihi),maksudnya ceritanya singkat aja kalau terlalu panjang*lebar=luas (#sokscientist)..

Goo…..Blog…..!!!

Tau yang namanya blog ya dari mbah google lah tentunya,,pas jaman-jaman TPB (Tahun-tahun Penuh Bahagia) tiap nyari refrensi buat laporan Biologi slalu dari blog orang,,tapi masih belum tertarik,,habis kayaknya gak seru sih dan terkesan aneh, cuman nulis-nulis gak jelas truz bisa kebaca orang banyak (di blog tuh ada yang curhat lah,ada yang mellow lah,nge-upload laporan) pokoknya aku pikir norak lah..oia sedikit bocoran saat itu aku juga belum kenal sama yang namanya Facebook apalagi Twitter..maklum dari kampong kenalnya mah cuma surat kaleng,hehe

Nah dilanjuuut lagii ya ceritanyaa….

Blog memang gak bisa lepas dari tulisan,,jadi sebelum lanjut cerita tentang blog,,aku cerita dulu tentang tulisan..ini jaman dimana aku udah mengenal jejaring sosial sing arene FACEBOOK..eh klik sana-sini nemu yang namanya note,,nah disinilah mulai corat-coret,,bikin puisi biar dibilang “romantis” gituu,,tapi memang zaman udah berubah dan makna pun sudah bergeser,,kalau dulu cowok bikin puisi pasti dibilang romantis tapi kalau sekarang pasti dibilang “Lagi G.A.L.A.U yaa??” atau lebih parannya lagi dibilang 4L4Y (capee deeh)

Nah langsung aja ya cerita tentang kapan pertama punya blog..

Aku sebenernya di akhir REZIM-TPB udah kenalan sama yang namnya blog dari komunitas fotografi (lho kok kenal blog dari komunitas lain),,begini ceritanya…………(diem truz ada cloud di atas kepala gue yg isinya gambar yang menceritakan peristiwa saat itu)……..nah itu tadi ceritanya.

Woiii Lu belum cerita begoo,,mana bisa kita ngelihat isi otak Lu..!!!

Oia maap,terlalu menghayati,,jadi gini kisahnya,dalam dunia Fotografi kami dituntut untuk share karya,,dan saat itu fasilitas untuk share yang biasa dipake anak-anak fotografi adalah “MULTIPLY”,,biar gak katrok alias nDesooo akhirnya aku ikut bikin,,tapi saat itu masih terbatas buat shere foto aja,,kemudian setelah gak aktif di komunitas itu Multiply pun terbengkalai paswordnya aja juga lupa,hehe (malah mungkin tuh multiply nyaris kena gusur satpol PP kali ya).

Dan benar saja beberapa saat yang lalu iseng buka multiply (rizkipradana.multiply.com) disana udah banyak sarang laba-laba, tikus, kecoa lha gak pernah diurusin sih,,Miris Gan ngelihatnya,,mungkin dari agan-agan yang budiman ada yang berminat dan mau ngurusin nih anak silahkan diambil saja saya ikhlas..:'(

Dan itulah masa-masa jahiliyah yang pernah aku lewati,,
setelah masa yang suram itu berlalu tibalah masa yang penuh dengan pencerahan dan disini aku mulai bener-bener lebih tekun dalam per-blogger-an,,diawali dengan PeDeKaTe sama seorang gadis sekitar tahun 2010-an lah,,eh ternyata dia punya blog,,dan aku jadiin blognya dia buat sarana mengenal kepribadiannya (hehehe,ternyata blog tuh bermanfaat juga yee,,jadi ane saranin klo mau cari cewek yang punya BLOG yee

dan dia pula yang mengealkan aku dengan “BLOG”
gak Cuma itu,,di kosan pun aku mulai terhasut oleh bisikan dari spesies penghuni kamar depan yaitu Alandra.sp (Adietya Landras Pratama) yang bilang “ayo ikutan nge-blog” dan akhirnya mulai deh bikin blog baruu,,dan semua postingan awalnya adalah hasil repost dari note-note aku yang ada di Facebook lumayan lah baru bikin blog udah langsung ke-isi,hehe..

nah mulai lah aku menulis dan berbagi cerita disini “EPICENTRUM”..

nah langsung aja.. ini dia jawaban dari pertanyaan pertama “KENAPA SAYA NGE-BLOG?” 

dengan blog aku menyalurkan semua hobiku dari fotografi, treveling, adventuring, dan cycling..disini aku bebas becerita tentang itu semua dan corat-coret sesuka hati tanpa ada orang yang bisa protes serta berbagi dengan orang banyak tentang sesuatu yang buat aku bermanfaat (mungkin gak buat yang baca,hehe),,dan juga dengan ngeblog mengasah imajinasi dan kemapuan kita dalam mengolah kata sehingga apa yang kita bagi ke orang lain,orang lain pun bisa merasakan dan hanyut dalam alunan cerita kita, sehingga bermanfaat dalam dunia sosial,,oia masih ada lagi blog bisa jadi sebuah album kenangan dari semua catatan perjalanan aku ke beberapa tempat di Indonesia,,jadi suatu saat nanti ketika aku ingin mengenang tempat-tempat yang pernah dikunjungi tinggal buka blog aja…makanya ayoo Nge-BLOG…!!!!!

“KOMUNITAS BLOGGER IPB”

Kenapa ikut komunitas?

Langsung aja dijawab kalau yang ini mah,,inti jawabanya bisa dilihat di buku “Kewarganegaraan” buah karya Parlaungan Adil Rangkuti dan saya yakin kalian pasti punya buku ini,hehe..

Jadi dalam satu bab di “kitab kuno” ini menjelaskan tentang urutan kebutuhan inti manusia yang dikenal dengan istilah “Piramida kebutuhan” karya seorang pemikir yang bernama “Geraham Mellow” (mas namnya salah tuh) oia maksudnya “Abraham Maslow”,,apa yang ditulisnya?,silahkan lihat sendiri pada gambar diatas

Kebutuhan tertinggi manusia itu aktualisasi diri atau klo anak-anak 4L4Y boleh bilang dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti (bagi golongan mereka tentunya) “aktualisasi diri” = “N@Rs1sMe”..
Jadi intinya aku ikut komunitas itu salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut, baru setelahnya diikuti dengan alasan-alasan lain sebagai turunannya (cie bahasanyee SOSUM abiiiisss…)

Alasan lain:
1.       Menambah teman dan koneksi (nambah cewek bisa gak ya..???)
2.       Bertukar otak (eh salah,,maksudnya tukar pikiran)
3.       Sarana diskusi dalam hal per Bloger an
4.       Belajar hal-hal baru yang berkaitan dengan dunia BLOG (nah yang ini nih aku masih sangat kurang #mohonpencerahannya)
5.       De eL eL

Dan untuk mendapatkan hal-hal itu komunitas Blogger IPB punya kegiatan yang bisa diikuti yaitu “Kopdar (Kependekan dari Kopi Darat),sebenernya istilah ini dari jaman emak-bapak kita dulu waktu masih pacaran lewat radio ORARI dimana orang yang selama ini hanya berCopy “di udara” (saluran radio *red) mencoba untuk saling bertemu “di darat” (jumpa langsung *red),,nah karena sekarang kita gak pakai “di copy ganti” tapi pakai comment dan wall di FB harusnya istilahnya diganti “Komdar” (komen darat,hehe)..

Dah sepertinya udah cukup panjang dan cukup lebar nih ceritanya,,semoga bermanfaat bagi kita semua,,keep moving, keep writing, and keep blogging..

Maju terus Blogger IPB dan Viva Blogger IPB…!!!!
  
"ini ceritaku...mana ceritamu..??? "

7 comments:

  1. Wedeeeeww... Greaaatt.. Greaaat... Trus laahh menulis jika itu membuat km lebih ploooong dalaaam perasaan muu... Lanjuutkaaannn :)

    Sy malaaah skrng sulit untuk mengekspresikan dlm tulisan lg apa yg dirasakan ... Entaaahh... Ituu sulit bagii kuu :(

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya saya tak pandai meninggalkan jejak.. karena nanti kakinya ikut ketinggalan. Tapi apalah daya, kata2 utk menyambung silaturahim ini membuat saya galau...

    Jadi saya cuma bisa bilang "Hidup BloggerIPB"
    "Ayo berkomunitas, gak rugi lhooo..."

    ReplyDelete
  3. @anonim: hadeuh mas/mbak nih,,kapan kapan namanya di tampilin ya..tulisan itu dapat menjadi semangat dan inspirasi bagi diri sendiri dan orang lain

    @sensen: jangan ninggalin jejak,ninggalin uang aja deh,hehe..udah bikin postingan ttg blogger ipb blum??

    ReplyDelete
  4. ok... gw masukin kotak amal di depan yak... hehe. Udah buat dunk...http://planetkurikuri.wordpress.com/2012/01/17/mengapa-saya-gabung-komunitas-blogger-ipb/ tuh... dr Bulan Januari...

    ReplyDelete
  5. hehehe,,maap buu ane yang telat,,kemaren gak ikut kopdar uarng mah,,lagi balik ka Solo,,baru di kabari sama Adiet..
    punten nyak..

    ReplyDelete
  6. kopdar bisa jadi ajang eksis juga.
    #keliput ama GreenTV
    :D
    *pamer*

    ReplyDelete
  7. @ichal: hoki amat,juga situ jarang ikut kopdar, sekalinya dateng kopdar pas diliput..>.<
    eh gmna dah bikin blum tugasnya??,udah nampang di TV skarang nampang di ebook,haha

    ReplyDelete

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM