HeadLine

Friday, 2 January 2015

8 Tokoh Superheroes DC dan Marvel yang Beragama Muslim





Karakter yang saya bahas akan mencakup karakter dari komik Marvel dan komik DC. Saya akan mengulas latar belakang masing-masing superhero dan bagaimana dalam suatu waktu mereka menunjukkan keislaman mereka dalam beraksi sebagai superhero. Mari kita simak kekuatan superhero dan kuatnya keislaman mereka dalam menghadapi kekuatan jahat.
1. Sooraya Qadir a.k.a Dust

Sooraya Qadir, atau yang dikenal dengan nama Dust, adalah seorang mutan perempuan Muslim Sunni kelahiran Afghanistan. Kekuatan mutannya adalah mengubah dirinya menjadi butiran pasir dan menggerakkan partikel-partikel pasir tubuhnya dengan kecepatan tinggi, hingga tahap dapat membuat badai pasir. Sooraya ditolong oleh Wolverine dan Fantomex dari perbudakan. Mereka menyelamatkan Sooraya ketika dia terpisah dari ibunya. Dia kemudian dikirim ke markas X-Corps di India.
 
Sooraya bergabung dengan sekolah X-Men dan menetap di Xavier Institute for Higher Learning. Ia aktif sebagai anggota New X-Men, kelompok mutan yang terdiri dari pelajar muda dari Xavier Institute. Di X-Mansion ia sekamar dengan Laura Kinney a.k.a X-23. Singkatnya, X-23 adalah clone dari Wolverine, hanya saja clone yang sukses yaitu X-23 lahir dengan jenis kelamin perempuan.
 
Walaupun Sooraya sekamar dengan salah satu perempuan paling berbahaya di dunia, ia tidak canggung menjalankan ibadah di hadapan Laura. Terkadang ia juga berdebat dengan Laura mengenai keimanannya terhadap Tuhan, karena Laura sebagai seorang clone adalah sosok yang ragu dengan keberadaan Tuhan. Sooraya dengan sabar menjelaskan kebiasaannya beribadah, berdoa kepada Allah, dan mengingat orang yang diberikan penjelasan adalah X-23, tentunya ini termasuk tindakan yang berani.



Saat ini Dust memutuskan untuk menetap di Utopia (X-Men yang dipimpin oleh Cyclops), di sini ia bergabung dan berlatih bersama X-Men Street Team.




2. Josiah al hajj Saddiq a.k.a Justice

Josiah Bradley adalah anak dari Isaiah Bradley. Josiah menurunkan kemampuan keluarga Bradley yang bisa beradaptasi dengan super soldier serum. Ia bergabung dengan pasukan Amerika Serikat dengan kemampuan super soldier yang ia miliki. Josiah juga sempat bergabung dengan James Rhodes Crew sebagai kelompok pelindung kota.



Belakangan Josiah Bradley memeluk agama Islam dan bahkan sudah menjalankan ibadah haji. Saat ini orang mengenalnya sebagai Josiah X atau Josiah al-Hajj dan telah menjadi imam di Little Mogadishu, Brooklyn.




3. Faiza Hussain a.k.a Excalibur



Faiza Hussain adalah seorang dokter yang bekerja di ruang gawat darurat rumah sakit London. Saat terjadi invasi Skrull, ia terkena laser yang memberinya kekuatan untuk membongkar organ tubuh tanpa membunuh orang tersebut. Kekuatan ini sangat membantunya sebagaimana perannya sebagai seorang dokter.

Dalam aksinya, Faiza selalu ingat kepada Allah dan mendoakan perlindungan saat ia berusaha menyelamatkan nyawa orang. Belakangan Faiza terpilih sebagai pemegang Pedang Excalibur, melengkapi para pemegang benda pusaka Merlyn seperti Captain Brittain yang memegang Star Scepter, dan Black Knight yang memegang Ebony Blade.


4. Monet St.Croix a.k.a "M"

Monet St. Croix lahir di Sarajevo, Bosnia. Ia merupakan anak tertua dari empat bersaudara keluarga jutawan St. Croix. Ia dibesarkan sebagai gadis kaya yang manja dan sombong sebagai anak kesayangan. Seperti ibunya yang beragama Islam, Monet juga dibesarkan sebagai seorang Muslim.

Keempat St. Croix bersaudara ini merupakan mutan, dimana Monet memiliki berbagai kekuatan dari kemampuan tubuh super, healing factor, terbang dengan kecepatan suara, telekinetik, telepati, dan mampu merasakan aura mutan. Ia sempat bermasalah dengan saudaranya Mauris yang menjadi vampir lalu terperangkap dalam mahluk bernama Penance. Monet direkrut Banshee dan Emma Frost dalam tim Generation X.

Monet selain berjuang dalam diskriminasi mutan, juga berjuang melawan diskriminasi umat Islam. Ia tidak ragu mengakui dirinya sebagai penganut agama Islam. Belakangan ia direkrut dalam tim X-Men bentukan Storm yang seluruhnya beranggotakan perempuan.


5. Monica Chang

Monica Chang adalah kepala Divisi Artificial Intelligence dari S.H.I.E.L.D. Dia bertugas menginterogasi Hank Pym setelah Pym menciptakan virus untuk menghancurkan Ultron, berkembang menjadi kecerdasan buatan sangat ganas yang dikenal sebagai Dimitrios. Bersama dengan Pym, ia mengumpulkan tim untuk memburu Dimitrios setelah dia melakukan beberapa serangan cyber di seluruh dunia. Tim ini dikenal dengan sebutan Avengers A.I.

Doombot juga merupakan anggota dari Avengers A.I. Pada dasarnya Doombot adalah prajurit robot buatan Dr. Doom yang memiliki A.I. berdasarkan Dr. Doom. Walaupun Dr. Doom yang ini ditanamkan protokol untuk patuh pada Pym dan Avengers A.I. lainnya, namun Doombot ini tetap keras kepala dan seangkuh Dr. Doom. Monica Chang pernah menunaikan shalat sebelum menjalankan misi dimana Doombot menunggunya.




Penganut agama Islam tidak hanya ada di dunia kita saja, namun di dunia komik pun ada karakter-karakter yang beragama Islam. Dan karakter-karakter Muslim ini beraksi tidak hanya mengandalkan kekuatan super mereka saja, namun mereka juga tetap menunjukkan keislaman mereka dalam beraksi menghadapi kekuatan jahat. 


Doombot mempertanyakan maksud Monica untuk beribadah, karena ia merasa tidak perlu berdoa pada siapa pun. Monica Chang tidak ragu untuk menjelaskan mengapa ia menjalankan ibadah yang diyakininya, padahal “orang” yang dijelaskannya adalah robot yang seangkuh Dr. Doom.

Monica Chang masih memimpin Avengers A.I. yang khusus menangani masalah serangan dan gangguan A.I. di seluruh dunia.

6. Kamala Khan a.k.a Ms. Marvel


Kamala Khan adalah anak bungsu dari dua bersaudara keluarga tradisional Pakistan di New Jersey. Meskipun terikat akar tradisionalnya, Kamala adalah remaja Amerika yang unik. Ingin menjadi dirinya sendiri, tetapi juga masih ingin membuat keluarganya bangga. Selama beberapa tahun, Kamala adalah fans berat superhero terutama Carol Danvers yang kini menjadi Captain Marvel.

Pada sebuah pesta SMA, Kamala memutuskan untuk mencoba berbaur dengan “teman gaul” dimana Kamala menyadari bahwa itu tidak cocok dengannya. Dia meninggalkan pesta tiba-tiba dan dalam perjalanan pulang ia terselimuti oleh Terrigen Mists yang lepas saat event Infinity. Hal ini mengungkapkan bahwa Kamala merupakan keturunan dari Inhumans. Setelah Kamala Khan terbebas dari kepompong Inhuman, ia memiliki kekuatan baru antara lain shapeshifter, healing factor, dan elastisitas.


Walaupun ia terkejut dengan kekuatan barunya, Kamala ingin memanfaatkan kekuatan ini untuk kebaikan. Berlandaskan pengetahuan agamanya yang tertanam dari lingkungan keluarganya, Kamala kini beraksi dengan menggunakan identitas superhero yang ia gemari, yaitu sebagai Ms. Marvel.




7. Simon Baz a.k.a Green Lantern


Simon Baz adalah orang imigran keturunan Lebanon-American yang hidup di Dearborn, Detroit. Setelah masa krisis finansial menimpa Detroit, kota itu menjadi kota yang sering terjadi kriminalitas. Simon dipecat dari pekerjaannya. Karena frustrasi, ia terjerumus ke dunia pencurian kendaraan bermotor. 



Suatu saat, ia mencuri truk yang salah, karena truk yang ia curi berisi bom yang ditujukan untuk tindakan teroris. Dan tiba-tiba saja, keberaniannya untuk menggagalkan usaha terorisme itu membuat ia dipilih oleh cincin yang biasa dimiliki para penjaga keamanan galaksi. Sejak saat itu, Simon Baz menjadi Green Lantern yang baru.


Selain menjadi Green Lantern, Simon Baz juga pernah menjadi White Lantern. White Lantern dapat membuat cahaya putih yang memiliki kekuatan kehidupan. Tidak banyak orang yang bisa menguasai White Lantern ini, dan kemampuan Simon Baz ini membuat para Green Lantern yakin bahwa Simon Baz bukanlah Green Lantern sembarangan.




8. Bilal Asselah a.k.a Nightrunner

Bilal Asselah, pemuda keturunan Perancis-Aljazair dibesarkan oleh ibu tunggal nya di pinggiran Paris, Perancis. Meskipun hidup damai, pada hari ulang tahun ke-16 Bilal, ia dan temannya Aarif tertangkap di tengah protes Perancis-Muslim, dan dipukuli tanpa ampun oleh kepolisian. Setelah mereka berdua sembuh, Aarif memberi Bilal hadiah berupa lagu musik Leni Urbana, lagu khas Muslim di Perancis. 

Malam itu Aarif tewas oleh polisi setelah ia membakar sebuah pos polisi. Setelah mendengar kematian temannya, dia menyatakan bersimpati dengan para pemrotes, dan menemukan jati dirinya dalam kelompok atlet parkour di lingkungannya. Dalam rangka untuk membantu perjuangan kaumnya, Bilal memutuskan untuk menjadi jagoan bertopeng yang beraksi di luar hukum, dengan sebutan Nightrunner.


Batman dan Nightwing melihat bakat pada Bilal dan merekrutnya menjadi perwakilan Batman Incorporated di Paris, Perancis. Dengan perbekalan gadget canggih dan pelatihan bela diri, Nightrunner menjadi salah satu keluarga Batman mewakili Perancis.






sumber: http://keepo.me/realm-of-heroes-channel/inilah-8-superhero-yang-menganut-agama-muslim-ketika-iman-lebih-kuat-daripada-kekuatan-super

10 comments:

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM