HeadLine

Thursday, 15 March 2012

SEBUAH RENUNGAN (bagian 1)


Sebuah pesan yang patut kita renungkan,,yang aku rangkum dari pengantar kuliah umum di kampus IPB beberapa waktu lalu..

Teknologi di dunia telah berkembang begitu pesat,, berbagai macam alat bantu yang memudahkan kehudupan manusia pun telah banyak ditemukan dan dikembangkan,,bahkan di jaman yang serba maju ini berlibur ke ruang angkasa pun bukan menjadi sesuatu yang mustahil lagi,,semua itu tidak lain dan tidak bukan karena kemajuan teknologi.

Tapi ada bidang lain diluar Bidang Teknologi yang sebenarnya sangat terkait erat dengan hal tersebut, tetapi justru kita nyaris melupakannya yaitu bidang “PERTANIAN”..

Ya sebenarnya siapa yang tak kenal pertanian??

Sebuah bidang yang dikenal dengan “Bidang Agraria” ini lah yang menjadi pondasi dari semua bidang kelimuan di dunia ini..

Bagamana bisa??

Mari sama-sama kita renungkan,,jauh sebelum kata teknologi ini dikenal, tanpa disadari manusia sebenarnya telah mengenal yang namanya pertanian,,mulai dari ketidak-sengajaan ketika para manusia Primitif itu memakan makanan yang berasal dari hutan kemudian biji-bijian itu jatuh atau terbawa hingga di sekitar rumah (*tempat berlindung) mereka,,kemudaian tumbuh menjadi tumbuhan yang dapat mereka makan,,yang akhirnya mereka menyadari untuk mengembangkannya untuk memenuhi kebutuhan dasar yaitu Makan..dan setelah itu dikenal lah apa itu budidaya tanaman (bagian dari pertanian).


Makan menjadi kebutuhan paling mendasar manusia setelah bernafas tentunya,,tak ada manusia di belahan bumi manapun yang tak butuh makan..segala energi yang dimiliki dan dihasilkan oleh manusia sebagain besarnya diproduksi dari aktifitas makan (dimana Karbohidrat sebagai produsen utamanya)..

Dan seperti kita ketahui,, “Berfikir” tanpa kita sadari membutuhkan energi yang sangat besar,,sederhana saja ketika kita menggunakan otak kita untuk berfikir baik itu pelajaran, menghafal ilmu-ilmu, kegiatan mencari ide bahkan ketika kita galau sekalipun, energi kita banyak terkuras dan efek yang timbul selanjutnya adalah rasa Lapar. Ini membuktikan ketika kita berfikir tak ubahnya kita telah berjalan atau jogging keliling lapangan sepak bola 2-3 kali.

TEKNOLOGI…dari mana manusia dapat menegembangkannya??

Tentu saja dari anugerah “Akal” yang diberikan oleh  Allah pada setiap manusia,,sebuah pembeda antara manusia dengan hewan lah yang dapat membuat manusia menciptakan roket yang terbang ke bulan, membuat robot yang memudahkan pekerjaan manusia, mengembangkan teknologi-teknologi lain yang sangat berguana bagi kehidupan kita.

Nah bagamana akal dapat bekerja??
tentu saja melalui proses “berfikir”,,nah dengan berfikir manusia dapat memaksimalkan kemampuan akal yang dimilikinya untuk melakukan segala sesuatu termasuk menciptakan teknologi-teknologi baru..dan darimana tenaga untuk berfikir ya dari makan tentunya,,

sekarang kita renungkan lagi lebih jauh,,makanan yang kita makan hari kemarin, hari ini, esok dan seterusnya,,dari mana asalanya??

Hampir 90% makanan pokok diseluruh penjuru dunia bersal dari Tanaman yang tentu saja di budidayakan dan pastinya menggunakan ilmu Pertanian.

Eropa: makanan pokok (sumber karbohidrat) dari kentang
Amerika: Gandum, kentang, jagung
Asia: Padi, Jagung, Umbi-umbian
Afrika: Umbi-umbian
dan masih banyak lagi…(buat daftar diatas CMIIW)

Itu cukup membuktikan bahwa manusia sampai kapanpun tak akan bisa lepas dari yang namanya pertanian kecuali manuasia nantinya dapat berfotosintesis dan menghasilkan makanan sendiri..atau lebih jauh lagi kalau kita berkata masalah energi yang terbesar adalah energi matahari,, sampai kapanpun energi tersebut hanya dapat dipanen secara maksimal oleh tumbuhan.

Jadi dapat diasumsikan ketika manusia melupakan Pertanian,,maka makanan pun tak dapat di produksi secara baik,,kebutahan dasar tidak tercukupi,,energi bagi otak tidak dapat dihasilkan maksimal,,akal tidak bekerja baik,,Teknologi tidak akan berkembang

Apa yang aku rangkum dari pesan seorang dosen ini bukan bermaksud mem-versus-kan antara Teknologi dan Pertanian,,tapi justru aku ingin membuka pikiran kita sebagai mahasiswa bahwa kedua hal tersebut sangat berkaitan erat meski kadang kita tak pernah menyadarinya..

Orang pertanian sibuk dengan cara budidaya, pengandalian hama penyakit, mencari galur harapan, dan lain sebagainya..sedang orang teknologi sibuk membuat alat ini itu yang jika di bandingkan teknologi untuk pertanian ltu masih sangat minim sekali..

jadi maksudnya disini aku ingin membuka pikiran kita semua yang selama ini di luar sana masih memandang pertanian itu sebelah mata, gak elit lah, kerjaannya Cuma mencangkul, pekerjaan yang kotor (berkubang dengan tanah dan lumpur)  bahkan banyak para orang tua yang berlatar belakang petani sekalipun menyekolahkan anaknya di sekolah Pertanian tidak berharap anaknya menjadi petani..

semoga kita dapat merenungkannya dan berfikir dengan anugerah akal dari Allah ini dapat memadukan segala segi keilmuan di dunia ini dan tidak memandang salah satunya sebelah mata,,antara ilmu pertanian dan turunannya, teknologi dan turunannya, ilmu fisik dan turunannya, ekonomi, kedokteran dan turunannya, sastra, filasafat, serta masih banyak lagi, dan tentu saja yang terpenting pula ilmu Agama semua dapat kita sinergiskan untuk kemajuan umat manusia..

tak perlu lah kita bersombong diri atas ilmu yang kita punya,,yang anak teknologi bilang teknologi yang terpenting,,yang pertanian bilang pertanian yang terhebat,,yang kedokteran bilang yang terbaik,,yang anak sosial bilang paling dibutuhkan,,dan ilmu yang lain saling mengangungkan bidangnya hingga lupa darimana ilmu itu berasal..

ingat bahwa ilmu kita dari Allah azza wa jalla
Dia lah yang maha berilmu,,jadi kita yang hanya kecipratan ilmu Nya yang secuil ini tak perlu berbesar diri,,dan mulai merenung bagamana memadukan semua ilmu tersebut dan bisa bersinergis demi kemajuan umat manusia..

sebuah pengantar di kuliah umum hari Sabtu 3 Maret 2012

semoga bermanfaat bagi yang membaca..

wassalamualaikum..

No comments:

Post a Comment

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM