HeadLine

Saturday, 12 November 2011

Trekking to Mt. Galunggung 2167 m dpl

UTS pun berakhir..

rencana untuk bercengkrama dengan alam pun disusun kembali,,
jejak petualang
melalui mata kamera

awalnya pilihan jatuh pada Gunung Salak,,tapi apadaya karena ngurus ijinnya susah setengah mati,,akhirnya rencanapun berubah..
kemudian diliriklah Gunung Papandayan,,tapi lagi-lagi belum jodoh dengan papandayan karena kondisi sang gunung yang sedang batuk-batuk..

setelah memutar otak dan tanya sama Mbah Google,,akhirnya ketemu jodoh deh,hehe..
Gunung Galunggung pun menerima pinanganku kali ini,hehe..:p

bersama sahabat karibku,,siapa lagi kalau bukan akang Andhi Faizal rencana kesana pun disusun,,kali ini kami tidak berniat untuk summit attack tapi ingin menikmati kecantikan dari gunung yang Legendaris ini.

kenapa aku bilang gunung ini "Legendaris" ??..nih alasannya

Galunggung merupakan salah satu gunung api ter aktif yang ada di dataran sunda. gunung ini memiliki ketinggian 2167 mdpl. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1994, sedangkan letusan dasyat terakhir terjadi pada tahun 1982 disertai suara dentuman, pijaran api, dan kilatan halilintar.
Kegiatan letusan pada tahun 1982 ini berlangsung selama 9 bulan dan berakhir pada 8 Januari 1983. Letusan gunung api dasyat yang sampai menimbulkan halilintar ini menampilkan pemandangan spektakuler yang didokumentasikan oleh dinas geologi amerika serikat.

seperti ini penampaknnya



Letusan tahun 1982 disertai suara dentuman, pijaran api, dan kilatan halilintar
(sumber USGS)

tapi itu sudah terjadi cukup lama...
kini sang Gunung ini laksana macan yang sedang terlelap..tetapi tetap dengan keanggunannya  memancarkan aura keindahan alam yang luar biasa..

Setelah semua rencana disusun,akhirnya hari yang dinanti tiba..
kami bersembilan: aku, kang Andhi, Vitor, Iqbal, Bangun, Yufi, Azka, Rachma,dan Atikah memulai perjalanan dari kota Bogor.

kami berangkat hari Sabtu 29 Oktober 2011, tepat pukul 13.00 mobil mulai berjalan menuju Tasikmalaya.
bermodal info dari teman yang tinggall disana kami nekat membawa mobil sendiri..yang penting mah nyampai Tasik tanya-tanya juga nyampe,hehe..

perjalanan panjang diimulai..
menyusuri tol Cikampek kemudian masuk ke tol Purbaleunyi menuju bandung..
pukul 17.00 kami tiba di Bandung,kemudian perjalanan dilanjut menuju tasik,,sekitar pukul 18.00 kami beristirahat untuk sholat dan makan di daerah Nagrek..

setelah mengisi tenaga kembali,,perjalananpun dilanjutkan menembus malam menuju Tasik..
tidak usah terlalu panjang lebar,,akhirnya pukul 22.00 kami bersembilan tiba dengan selamat di pintu masuk komplek wisata Gunung Galunggung.

udara dingin dan tebalnya kabut langsung menyergap kami begitu turun dari mobil.
setelah ngobrol-ngobrol dengan penduduk sekitar,,kami ditunjukkan rute trekking menuju kawah Gunung Galunggung ini..
bermodal senter dan headlamp kami pun siap menembus tebalnya kabut malam itu..

trek yang dilalui bukanlah trek yang sulit,,tapi cukup melelahkan,,karena trek yang kami lalui berupa pasir vullkanik,sehingga tiap kami naik pasti akan ada gaya yang membuat kami merosot lagi,,,tapi ini cukup menyenangkan karena buat aku ini pertama kali melalui trek pasir..

berteman boot Karrimor baruku yang aku dapat dari teman di Unpad,,mengalahkan medan pasir tak terasa begitu berat.sekalian itung pemansan nih buat ke Semeru januari nanti,hehehe..

trek mananjak terus hingga sekitar 1jam sampai di gigir kawah gunung Galunggung,,di sini kami sempat tak tahu arah,,tak tahu jalam menuju dasar kawah yang berupa danau itu,,aku dan kang andhi terpaksa survei jalan dulu kebawah,begitu kammi yakin jalan yang kami lalui adalah jalan yang benar,,maka kami bersembilan pun bersiap menuruni kawah menuju tepi danau yang terbentuk dari letusan Galunggung 1982 itu..

menuju dasar kawah
awas jalan licin

akhirnya sekitar pukul setengah12 malam kami mendirikan tenda di tepian danau Galunggung,,ditemani rintik hujan kami bekerjasama mendirikan 3 buah tenda sebagai tempat kami bermalam.
setelah tenda berdiri barulah acara mmasak-masak dimulai,,untuk mengusir pengamen Keroncong yang ada di dalam perut,hehe..

mari kita masak
malam kian larutt,gerimis pun tak kunjung reda,,hingga akhirnya kami memilih untuk tidur dan berharap esok pagi mentari yang hangat menjemput dengan keindahannya..
dan malampun kian beranjak hingga pagi menjelang..

pagi hari di tepi danau Gunung Galunggung menyuguhkan keindahan tersendiri,,diteamni hangatnya mentari pagi,,berteman secangkir susu hangat,,menhadirakan kedamaian didalam hati sanubari..
sekali lagi aku bercengkrama dengan alam..
alam, gunung, jeram, tebing, bukan untuk de takhlukkan tapi untuk dijadikan sahabat,,maka bersahabatlah dengan alam..

ngariung didepan tenda
sarapan pagi bersama keluarga

dan Gunung galunggung sekali lagi menyuguhkan keindahan alam yang sangat Indah buatku. Kawah bekas letusan terasa seperti miniatur lautaan hijau. Di kejauhan terlihat sebuah pulau kecil, dan dapat kita lihat ikan-ikan berenang di danau ini. Dari atas gunung galunggung ini kita juga dapat menyaksikan pemandangan alam dari ketinggian.

Udaranya sejuk menambah syahdu panorama alamnya yang memukau..
semakin cinta dengan alam..
semakin ingin terus bercengrama dengan rindang pepohonan..

ayo bongkar tenda
dilanjut trekking nyook
susur sungai euy
dan buat siapa saja yang ingin merasakan berwisata sama keluarga, teman atau kerabat,,tetapi gak mau wisata yang biasa-biasa,,ingin mencoba berwisata sambil bercengkrama dengan alam pegunungan tapi juga gak mau repot dan berat menanjak,,Gunung Galunggung menjadi salah satu alternatif yang patut untuk dicoba..

oia sedikit bocoran,,buat yang gak mau repot lewat trek yang berpasir,,misal membawa sanak famili bisa melewati anak tangga yang disediakan pengelola Wanawisata Gunung Galunggung,,katanya sih sekitar 620 anak tangga (mirim-mirip Bromo lah),,dapat juga menjadi alternatif menuju bibir kawah Gunung Galunggung ini..

pemandangan danau dari atas
disana tempat kami kemping
ada air terjunnya juga cuy
full team: Thank for Mt. Galunggung

dan perjalanan panjang Ekspedisi Galunggung ini pun ditutup dengan manisnya teh serta hidangan ikan bakar di salah satu tempat kuliner teringgi di kota Bandung sambil menikmati indahnya lampu yang berkerlip dari arah Kota Kembang..

ini ceritaku,,mana ceritamu...^_^

11 comments:

  1. uwwwwwwwwaaaaaa
    subarashiiiiiii.....!!!!!

    ReplyDelete
  2. @ichal: kenapa cerita kita selalu sama ya...????....
    @adiet: subarashi??,,besar??,,apanya???

    ReplyDelete
  3. siap jalan-jalan lagi yufi??
    aq pengen ke Gede tp ngajak cewe2 gtu,jalan siang aja biar enak,,tp jg nunggu ujannya abis dulu,hehe..:p

    ReplyDelete
  4. ikuut dong kalo boleh :D
    amat sgt menyenangkan deh dibanding nge-mall, jauh jauh jauh lebih menyenangkan lyt alam :")

    ReplyDelete
  5. haha,,boleh mah boleh,,tapi persiapannya jg lebih banyak,,mulai fisik, equipment, sampe fiansial loh..
    banyak nyari info dulu aja..
    aq jg blum konfirmasi lg sama sdra aq di Malang,,ktanya sih siap mnegantar sampai puncak tertinggi tanah jawa,hehehe...

    ReplyDelete
  6. yuhuuuuuuuuuuu ......
    ikuuutlaahh lg lh yy ...
    tp yg gampang" ajaahh :p
    i wish see the star in the sky *_*

    ReplyDelete
  7. ituuu klo ada like di post ini .. itu commentnya yufi yg terakhirr boleehh lahh yy dicoleekk.. hehehhhee :D

    ReplyDelete
  8. ke gede aja dlu biar tau auranya naik gunung,hehe..

    ReplyDelete
  9. Selamat pagi Bang..

    Salam kenal..
    oiya saya tertarik ni pengen jjs ke Galunggung akhir pekan ini tapi kita rencananya mau pake trek "petualangan"
    kira2 trek "petualangannya" jalurnya jelas ga ya?
    Boleh donk di share sekilas buat gambaran..hehe

    mohon infonya yaa..

    Hatur nuhun :)

    ReplyDelete

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM