HeadLine

Tuesday, 8 January 2013

Menikmati Kendahan Alam Kawah Putih

25 Januari 2010

tepat diusiaku yang ke 20,,bersama kawan-kawan dari Departemen Proteksi Tanaman IPB,,aku mendapat kado istimewa yaitu menyambangi keindahan kawah putih  yang terletak di Gunung Patuha, sebuah gunung yang terdapat di Jawa Barat. Ketinggian gunung ini adalah 2.386 meter. Kawah dari Gunung Patuha inilah yang dijadikan obyek wisata yang menarik dengan nama Kawah Putih yang terkenal di kawasan Bandung Selatan.

siapa yang tak kenal Kawah Putih Situ Patenggang..
pertama kali aku mengetahui tempat nan cantik rupawan ini pada saat aku masih SMA dari sebuah film yang bertema lophe-lophe,,film "Heart" yang di bintangi Acha Septriasa dan Irwansyah..
gaya dulu nih di "Kawah Putih"
dan selang 3tahun kemudian impianku ke tempat ini terwujud juga..
meski ini adalah rangkaian dari Acara Fieldtrip dan studytour,,tapi aku puas akhirnya  bisa menyaksikan secara langsung keindahan Kawah Putih tepat di hari ulang tahunku pula..

Setelah bis yang kami tumpangi maasuk di areal parkir Kawah Putih, aku dan rombongan harus berganti kendaran seperti colt yang telah dimodifikasi yang terkenal dengan nama untang-anting,,mau tau kenpa namanya "untang-anting",,karena jalannya emang ngbeut dan melewati jalanan menikung kanan-kiri seolah tanpa menurangi kecepatan,,kaya naik wahana untang-anting di Dufan pokoknya,hehe..dengan kendaraan ekstreem ini kami bersiap menuju pintu masuk Kawah Putih..
setelah tiba di pintu masuk kawah,kami segera menuruni tangga agar dapat lebih dekat dengan kawah gunung ini. secara reflek hatiku langsung berdecak kagum melihat keseluruhan dari tempat ini dari tangga atas. karena disini, kita memang dapat secara dekat berada dalam kawah gunung bahkan kita dapat menyentuh airnya.
Kawah putih yang Rupawan
sambil berjalan menuruni tangga menuju kawah aku siapkan senjata andalanku Canon EOS 1000d untuk bersiap mengabadikan setiap momen yang ada,, sungguh luar biasa pemandangan yang aku lihat ketika merasa begitu dekat dengan kawah ini. Tanah yang putih yang terdiri dari belerang merupakan alasan mengapa kawah ini disebut Kawah Putih. Sungguh unik rasanya melihat tanah yang berwarna putih ini. Permukaan tanah juga tidak rata sehingga menyerupai gundukan-gundukan tanah. Air kawah yang berwarna kehijauan juga menarik perhatian. Di sekelilingnya, jajaran tebing dari Gunung Patuha yang sebagian sudah kering tetapi ada juga yang masih ditumbuhi pohon hijau.
bekas tambang belerang
Kawasan Kawah Putih ini cukup luas, dan warna air kawah dapat berubah-ubah tergantung cahaya matahari. Asap dari air belerang terkadang timbul sehingga menghalangi pandangan kita tapi seolah memberikan efek unik apabila diabadikan dalam sebuah gambar. Airnya juga menimbulkan bau belerang. Bila angin sedang bertiup, bau belerang dapat menusuk hidung kita dan membuat kita terbatuk-batuk. bahkan, ada beberapa titik pada kawah ini yang dipasangi peringatan agar tidak terlalu dekat untuk menghindari keracunan asap belerang.
foto bareng dengan "untang-anting"
Kawah ini benar-benar memberiku pengalaman yang sunguh berbeda. jika kita berda di kawasan ini seolah-olah berada di salju karena tanahnya yang putih. Kawah yang luas dan air yang berwarna hijau kebiruan membuat kita seolah-olah berada di pantai. Pohon-pohon yang sebagian besar hanya tinggal batangnya dan sudah kering turut menciptakan suasana yang berbeda. Didekat tempat ini pula ditemukan sebuah goa sedalam 5 meter yang pernah dipakai  sebagai tambang belerang. Di sini juga terdapat batu-batu besar yang indah. Keindahan itulah yang membuat tempat ini menjadi tempat favorit bagi calon pengantin untuk melakukan foto prewedding.
ane yang paling ganteng gan,hehe..
cover Album Musik Bajakan,hehe
aku tak bisa berlama-lama,,karena perjalanan harus dilanjutkan kembali untuk menuju tempat belanja andalan Bandung mana lagi kalu bukan Cihampelas dengan wisata kota C-walknya..
dan petualangan di kawah putih terpaksa disudahi sampai disini..tapi sebelumnya buat teman-teman yang mau main kesini aku bagi-bagi info deh tentang Transportasi dan akomodasinya. sekilas info, kawah putih berjarak sekitar 44 Km dari pusat kota Bandung, lihat peta rute jalan Bandung menuju Kawah putih mungkin bisa membantu teman-teman yang mau kesini. Apabila teman-teman traveller ingin menggunakan kendaraan umum, kalian harus menuju terminal Ciwidey menggunakan Bus atau Elf dari terminal Leuwi Panjang dengan tarif sekitar Rp. 6.000, kemudian dilanjutkan menggunakan angkot langsung ke Kawah putih (banyak terdapat di terminal Ciwidey) dengan tarif sekitar Rp.5.000. 
buat yang mau nginep misah bawa sanak famili di kawasan ini terdapat beberapa hotel yang cukup memadai di sekitar Kawah putih dan Ciwidey seperti Sindang Reret, Bungalow Kampoeng Strawberry dan penginapan lainnya. Untuk fasilitas yang lebih lengkap, anda bisa mencarinya di kota Bandung....selamat berlibur,,jalan-jalan,,dan makan-makan...^_^

sedikit dokumentasi kawah putih..

menuju pintu kawah
kawah putih in landscape

No comments:

Post a Comment

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM