HeadLine

Sunday, 15 August 2010

Fenomena di Bulan Ramadhan....(part1)

Assalamualaikum wr wb
sebuah coretan di awal bulan Ramadhan..
wah gak kerasa ya satu tahun udah terlewati,,dan kini kita telah diberi kenikmatan dimertemukan kembali dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah (NB: bulan Ramadhan bukan bulan suci lho,,karena yang termasuk bulan suci dalam Islam itu Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab,,jangan salah kaprah ya,hehehe)..

banyak sekali fenomena yang kita jumpai selama bulan Ramadhan yang gak akan kita saksikan di bioskop,eh salah maksudnya gak akan bisa kita saksikan di bulan2 selain Ramadhan.

oke langsung saja beberapa fenomena itu antara lain:

yang pertamax Masjid-masjid mendadak penuh dengan jamaah..
ini fenomena yang paling umum di jumpai saat Ramadhan tiba..tiba2 masjid yang biasanya hanya 2-3 shof pada sholat Maghrib n Isya mendadak over load karena tidak cukup menampung jamaah yang mebludak hingga ke serambi atau bahkan jalanan..tapi seiring berjalannya waktu---> 10 hari pertama shof di masjid2 masjid seolah tidak dapat menampung jamaah alias overload (untuk sholat isya dan subuh biasanya),,,10 hari kedua shof mulai ada "kemajuan" ("Kemajuan" disini bukan tambah banyak lho,,tapi tambah "maju", alias shof belakang mulai kosong),,,10 hari terakhir biasanya shof2 mulai "meluber" hingga ke rumah masing-masing (Alias mulai sedikit yang sholat di masjid dan memilih sholat dirumah)..
dan hal seperti ini umum terjadi di sekitar kita (Gak tau juga ya klo di pondok pesantren,hehe),,tapi sebagai seorang muslim tentunya hal seperti ini, yang hampir terjadi setiap tahun harusnya bisa menjadi bahan renungan,,ternyata kita itu masih belum terbiasa untuk Istiqomah,,padahal amalan kecil yang bisa mengantarkan kita ke Syurga adalah amalan kecil yang dilaksanakan secara istiqomah..
“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: ‘Tuhan kami ialah Allah’ kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka (istiqomah), maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu.”(QS. Fusshilat/ 41 : 30).
dan dalam hadist pun dijelaskan:
Dari Abu Amr atau Abu Amrah ra; Sufyan bin Abdullah Atsaqafi r.a. berkata, Aku berkata, Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku dalam Islam satu perkataan yang aku tidak akan menanyakannya kepada seorangpun selain padamu. Rasulullah menjawab, “Katakanlah, saya beriman kemudian istiqamahlah.” (HR. Muslim)
oleh sebab itu,,marilah kita jaga amalan kita di bulan Ramadhan ini gak usah yang terlalu berat,,yang ringan2 aja asal istiqomah oke bror..^_^

yang keduax Anak-anak kecil berbondong-bondong ke masjid..
kalau yang satu ini sih bisa di sebut fenomena yang positif,,tapi bisa juga jadi negatif...apa positifnya??,,dalam hal ini jelas dengan mengajak anak2 kecil ke masjid berarti telah mengajarkan mereka ke arah yang baik,apalagi untuk belajar sholat berjamaah di Masjid (Sekedar catatan: ini untuk anak yang usianya udah wajib sholat lho)
Abdul Malik bin Ar-Rabi’ bin Sabrah dari ayah dari kakek bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Perintahkanlah anak untuk shalat ketika telah mencapai usia tujuh tahun. Dan bila telah berusia sepuluh tahun pukullah dia bila enggan menunaikannya.” 
tapi kalau anak masih umur 5 tahun samapi 7 tahun yang mereka belum wajib sepertinya tidak terlalu Urgens deh untuk di ajak ke masjid,,karena berdasarkan fakta yang saya temui di lapang (gayanya sok pkaya peneliti,hehehe), anak usia segitu itu cenderung membuat gaduh ketika orang tua mereka sedang sholat,,dan itu menjadi alasan orang2 yang lain untuk tidak sholat di Masjid karena alasan "Terlalu Gaduh,,Banyak anak kecil,, Gak konsen"...orang tua mereka pun tak mau kalah kalah..mereka beralasan anak2 itu di ajak ke Masjid karena tak ada teman dirumah,,(waduh emangnya ibunya gak mau jagain di rumah??,,kan seorang wanita lebih baik sholat di rumah to??)
“Sebaik-baik tempat shalat bagi kaum wanita adalah bagian paling dalam (tersembunyi) dari rumahnya.” (HR. Ahmad dan Al-Baihaqi, hadits shahih)
tapi apakah dengan begitu seorang perempuan tidak boleh sholat di masjid??,,tentu saja tidak ada larangan untuk seorang perempuan sholat di Masjid..
Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam bersabda:
“Janganlah kalian melarang para wanita (pergi) ke masjid dan hendaklah mereka keluar dengan tidak me-makai wangi-wangian.” (HR. Ahmad dan Abu Daud, hadits shahih)
Dan beliau juga bersabda:
“Perempuan yang mana saja yang memakai wangi-wangian, maka janganlah dia ikut shalat Isya’ berjama’ah bersama kami.” (HR.Muslim)
oke kembali ke lap top,,eh maksudnya kembali ke fenomena keduax,,jadi menurut saya tidaklah menjadi masalah mengajak anak ke masjid selam hal itu positif dan orang tua tetap dapat bertanggung jawab menjaga tingkah laku anaknya selama sholat berjamaah berlangsung..

yang ketigax acara TV serba yang Islami (tapi infotemen jalan terus....)
ini juga menjadi satu fenomena tersendiri selam bulan ramadhan..semua stasiun TV berlomba-lomba mencari provit dengan mengadakan acara2 yang berbau Ramadhan,,lagi2 ada yang positif ada juga yang negatif..
positifnya ada stasiun TV yang dalam acaranya menyampaikan pesan yang baik dengan adanya nasihat2 melaui film atau sinetron Ramadhan (Tapi kebanyakan ada adegan yang tidak syar'i,,namanya juga dunia hiburan,,hehehe)..kalau yang negatif mah gak usah di tanya,,masa bulan Ramadhan masih aja menggunjing orang dan sebarluaskan lagi (contoh umum buanget,,acara gosip inpotemen) udah tau bulan Ramadhan gosip jalan terus,,kasian banget tuh puasanya cuma dapet lapar dan dahaga..
padahal Allah berfirman: 
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati. Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang [Hujurat : 12] 
nauzubillah dah makan bangkai saudara sendiri di bulan Ramadhan pula..udah gitu cuma dapet lapar dan haus doang..sbagaimana disebutkan dalm hadist:
"Berapa banyak orang yang puasa tidak mendapat dari puasanya kecuali lapar dan dahaga." (HR Nasai dan Ibnu Majah). 
rugi banget gak tu sob..

wah berhubung sepuluh hari pertama aja belum terlewat,,dan mungkin masih akan lebih banyak lagi fenomena2 gaib,,eh salah lagi maksudnya fenomena unik di bulan ramadhan yang akan bermunculan,,maka coretan ini saya cukupkan dulu sampai disini dan semoga kita selalu dalam naungan rahmat dan nikmat dari Nya..
dan semoga puasa kita tahun ini mendapat berkah dari Allah dan kita kelak akan di masukkannya ke dalam surgaNya melalui pintu Ar-Royan
“Sesungguhnya di dalam Surga terdapat sebuah pintu yang disebut Ar-Royyan. Orang-orang yang rajin berpuasa akan masuk Surga melewatinya pada hari kiamat nanti…”
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya di dalam Surga terdapat sebuah pintu yang disebut Ar-Royyan. Orang-orang yang rajin berpuasa akan masuk Surga melewatinya pada hari kiamat nanti. Tidak ada orang yang memasukinya selain mereka. Diserukan kepada mereka, ‘Manakah orang-orang yang rajin berpuasa?’. Maka merekapun bangkit. Tidak ada yang masuk melewati pintu itu selain golongan mereka. Dan kalau mereka semua sudah masuk maka pintu itu dikunci sehingga tidak ada lagi seorangpun yang bisa melaluinya…” (HR. Bukhari [1896] dari Sahl radhiyallahu’anhu).

wallahu a'lam bish showab..

semoga bermanfaat dan jangan pindahkan saluran anda sempai berjumpa lagi di lain kesempatan
wassalamualaikum wr wb


Solo, 5 Ramadhan 1431 H, aka 15 Agustus 2010

No comments:

Post a Comment

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM