HeadLine

Thursday, 4 April 2013

Jenis jenis kamera

Berikut Jenis jenis kamera

1. Kamera 35mm



35mm adalah format film kecil dengan ukuran bagian sensitif cahaya 24x36mm untuk setiap pengambilan, walaupun beberapa kameramemiliki kemampuan untuk membaginya dua untuk keperluan efisiensi.

35mm biasanya dikemas dalam selongsong tabung kecil, umumnya untuk 24 dan 36 kali pengambilan gambar. Kualitasnya tidak setara dengan film format menengah (medium format) dan format lebar (large format), tetapi sangat praktis.
Film keluar dari tabung lewat lubang kedap cahaya - lubang berbentuk garis kecil dengan kain penyerap cahaya warna hitam. Tetapi tentu saja dibuat film dalam jumlah banyak (bulk) dan kemudian digulung sendiri dalam tabung pakai ulang. Hasilnya adalah rol film bisa lebih panjang dan lebih hemat.

    *SLR (Single Lens Reflex)

    * Kamera Range Finder



2. Medium Format
Medium format berukuran 2 - 4 x film 35mm, dengan demikian film ini menawarkan resolusi yang lebih tinggi daripada film biasa. Hal ini sangat penting terutama untuk faktor pembesaran dan gradasi yang halus tanpa adanya grain or blur noise yang sering kali terjadi saat melakukan pembesaran terhadap gambar yang dihasilkan oleh film format kecil. Juga karena adanya aspect ratio antara lain square (6x6 cm) dan rectangular (4.5x6 cm) yang sangat penting saat proses pencetakan gambar ke ukuran majalah. Oleh sebab itulah film jenis ini menjadi sangat populer untuk digunakan dalam studio photo or modeling photo. 

   * Medium Format Twin Lens Reflex


  * Medium Format SLR

 * Medium Format Range Finder

3. Large Format



Disebut view camera. Film 4x5 inch atau 8x10 inch. Digunakan untuk media cetak dengan ukuran sangat besar dengan kualitas sangat bagus.



Umumnya digunakan untuk keperluan khusus, seperti: foto udara dan foto arsitektur dengan jarak dekat tanpa menimbulkan distorsi.

No comments:

Post a Comment

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM