HeadLine

Friday, 30 November 2012

Jalan-Jalan ke Taman Nasional Yuuk

Assalamulaikum..

Jujur nih otak lagi mampet bingung mau posting apa,, soalnya idenya banyak ke sedot buat skripsi,hehe..

Makanya kali ini mau ngomongin materi kuliah aja deh, waktu aku ambil mata kuliah Rekreasi Alam dan Ekowista (nah lhoh pasti bingung ya aku anak pertanian kok ambil kuliah kayak gitu,hehe)

Jadi di IPB itu untuk melengkapi SKS dari jurusan kita sendiri yang masih belum mencapai 144sks, kita diperbolehkan ambil kuliah di luar fakultas sob, istilahnya Suporting Course (SC) gitu deh,,dan Fakultas Kehutanan menjadi fakultas keduaku,hehe..

Gimana tidak bisa dibilang fakultas kedua,, mata kuliah SC yang aku ambil mulai dari Perialaku Satwa Liar, Konservasi Ek-situ Satwa Liar, Hasil Hutan Sebagai Bahan Baku, Pengolahan Hasil Hutan, Etnobiologi Hutan, Silvika, hingga Rekreasi Alam dan Ekowisata semuanya dari Fakultas Kehutanan,hehe..

nah kali ini aku mau bahas tentang TAMAN NASIONAL  tapi di Pulau Jawa dulu aja ya (soalnya baru di pulau jawa aja yg pernah aku datengin,hehe).


nah nanti yang bertanda merah, itu yang pernah aku kunjungi yaa..:)

Oke,, sebagai pengantar aku jelasin dulu deh apa itu taman nasional..
Taman Nasional (National Park) merupakan kawasan yang dilindungi oleh pemerintah dari perkembangan manusia dan polusi. Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, 

Taman Nasional didefinisikan sebagai kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi alam.

Taman Nasional juga dilindungi oleh World Conservation Union Kategori II (IUCN; International Union for Conservation of Nature and Natural Resources). Di Indonesia terdapat 50 Taman Nasional. Bahkan 5 diantaranya dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage Sites) yaitu Taman Nasional Komodo, TN. Ujung Kulon, TN. Lorentz, TN. Gunung Leuser, TN. Kerinci Seblat, dan TN Bukit Barisan Selatan.

Nah ini dia Taman Nasional di Pulau Jawa dan yang pernah aku kunjungi..

TN. Alas Purwo; Jawa Timur, (Banyuwangi), 43.420,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 190/Kpts-II/1993, 26 Februari 1993.

TN. Baluran; Jawa Timur, (Panarukan), 25.000,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 279/ Menhut-VI/1997, 23 Mei 1997. 

TN. Bromo Tengger Semeru; Jawa Timur, (Pasuruan, Probolinggo), 50.276,50 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 278/Menhut-VI/1997, 23 Mei 1997

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
TN. Gunung Ciremai; Jawa Barat, (Kuningan, Majalengka), 15.500,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 424/Menhut-II/2004, 19 Oktober 2004. 

TN. Gunung Gede Pangrango; Jawa Barat, (Bogor, Sukabumi, Cianjur), 21.975,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 174/Kpts-II/2003, 10 Juli 2003. 


Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
TN. Gunung Halimun – Salak; Jawa Barat, Banten, (Bogor, Sukabumi, Lebak),113.357,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 285/Kpts-II/1992, 26 Februari 1992. 

Taman Nasional Gunung Halimun Salak
TN. Gunung Merapi; DI Yogyakarta, Jawa Tengah, (Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten), 6.410,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 134/Menhut-II/2004, 4 Mei 2004. 

Taman Nasional Gunung Merapi
TN. Gunung Merbabu; Jawa Tengah, (Magelang, Semarang, Boyolali), 5.725,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 135/Menhut-II/2004, 4 Mei 2004.

Taman Nasional Gunung Merbabu
TN. Kepulauan Karimunjawa; Jawa Tengah, (Jepara), 111.625,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan RI Nomor : 78/Kpts-II/1999, 22 Februari 1999.

TN(L). Kepulauan Seribu; DKI Jakarta, (Pulau Seribu), 107.489,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 6310/Kpts-II/2002, 13 Juli 2002.
Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu
TN. Meru Betiri; Jawa Timur, (Jember), 58.000,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 277/Menhut-VI/1997, 23 Mei 1997.

TN. Ujung Kulon; Banten, (Pandeglang), 123.156,00 ha, Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan RI Nomor : 758/Kpts-II/1999, 23 September 1999.

SUMBER: klik disini

Alhamdulillah dari 12 Taman Nasional di Pulau Jawa udah 6 TN yang udah pernah aku kunjungi,,wah jadi lebih bersemangat untuk mengunjungi semuanya nih..:),,sekalian rekomendasi buat kawan EPICENTRUM yang bingung menghabiskan waktu liburan mau kemna,,semoga salah satu taman nasional diatas bisa jadi pilhan berlibur yang asik..:)

Semoga dengan semakin sering kita berrekreasi dengan menikmati alam ini dapat mebuat kita semakin mensyukuri nikmat keindahan yang telah diberikan Allah kepada kita.

Semua keindahan yang ada di dunia ini hanyalah sebuah debu di keindahan syurga Allah di kahirat nanti, semoga kita dapat senantiasa menjaga keindahan alam di bumi kita ini agar tetap lestari..:)


salam lestari ....^_^

wasslamulaikum

14 comments:

  1. wah saya belum pernah ke taman nasional :|
    keliatan menarik (selalu)
    Salam lestari ^^
    semangat skripsinya \(^o^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti seru dan menarik lah..
      tapi sayang pemuda sekarang lebih suka jalan2 ke mall atau ke tempat wisata masal seperti dufan ancol dll,,dibanding wisata alam dan petualangan..-____-

      Delete
  2. kalo maen ke taman rumahku blm kyknya ya sob?
    hehe..
    :D
    kereen bgt ya bs jln2 kesemuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke deh nih aku main ke taman rumahmu..
      klo kesana dikasih apa nih?,hehe
      belum semuanya sob dari 45 TN di Indonesia baru6..:(

      Delete
  3. blm ada satupun yg pernah sy kunjungi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai dari yang terdekat dulu sist..:)

      Delete
  4. di pulau lombok juga ada taman nasional gunung rinjani.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. someday lah pasti kesana..:)
      belum ada waktu dan finansial aja,hehe..

      Delete
  5. blm pernah kesana -____- jadi pengeen wkwk tp liburan masih lama~

    ReplyDelete
    Replies
    1. januari biasanya libur semeteran itu panjang..
      planing kan dari sekarang untuk bisa jalan2 sist..:)

      Delete
  6. tempatnya jauh-jauh.. Kalo mau yg di yogyakarta harus sekalian pulang kampung dulu nih.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia mulai dari yg terdekat dari kampung halaman,,masak asli jogja belum ke TN Merapi Merbabu?,hehe..:p

      Delete
  7. haduh pengen kesana...makasih infonya,,,

    ReplyDelete

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM