HeadLine

Friday, 2 March 2012

Menikmati Indahnya Alam Cibodas (part1)

Kebun Raya Cibodas


akhir bulan Januari lalu aku kedatangan seorang sahabat dari kota solo tercinta..
sebut saja namanya Gandha,dia sengaja menghabiskan waktu liburannya untuk main di kota Bogor ini..

untuk sekedar menjamu "tamu istimewa" dari kota solo ini, Ichal mengajak kami untuk jalan-jalan,,dan aku juga setuju-setuju aja..
kebetulan Gandha ingin sekali melihat bunga sakura akhirnya kami menentukan satu destinasi yaitu Kebun Raya Cibodas kerena sebagaimana kita ketahui KRC menyimpan salah satu koleksi unik yaitu Bunga Sakura.

kami berangkat pada hari Minggu 29 Januari 2012..
karena kendaraan yang terabatas akhirnya kami memutuskan untuk menyewa satu motor matic untuk mengantar kami ke Cibodas.
tidak cuma aku, Ichal, dan Gandha,,tapi kami juga mengajak Mas Anto,,sesepuh kami di The Village untuk turut serta main ke RC karena kebetulan pula beliau yang sudah pernah ke sana..


jadilah minggu pagi itu pukul 10.00 kami berangkat dari Darmaga menuju Cibodas..
sampai di Ciawi hujan mulai mngguyur,,tapi tidak menyurutkan niat kami,,berbekal Raincoat kami berempat menembus hujan untuk menuju Cibodas.
dan kabut pun makin tebal kala kami tiba di Puncak Pas sekitar RM.Rindu Alam,,dan dingin kian menusuk,,tapi untungnya hujan mulai reda dan matahari sedikit bersinar,,dan tepat pukul 12.00 kami tiba di kawasan Taman Nasiuonal Gunung Gede-Pangrango..
pintu gerbang kebun raya cibodas

langsung sesuai arahan dari sesepuh kami Mas Anto,,kami langsung menuju pintu masuk Kebun Raya Cibodas dan membeli tiket seharga Rp 6000 per orang.

menurut informasi dari Wikipedia, Kebun Raya Cibodas (Cibodas Botanical Garden), terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur. Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian 1.275 m dpl, bersuhu udara 17 - 27 derajat Celcius.

dari kiri: mas Anto, Ichal, gandha @Taman Lumut
Kebun ini didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

kami tidak berlama-lama dari pintu masuk langsung lurus saja masuk untuk mencari dimana Taman Bunga Sakrura berada,,disebuah persimpangan kami melihat sakura garden posisinya ada disebelah bawah,,tapi kami bingung dari persimpangan mau kekakan apa kekiri,,menerut sesepuh yang pernah kesini bilang kita ke kiri aja,,akhirnya kami belok kiri dan menyusuri jalan..

dan hujan pun mulai turun rintik-rintik menemani langkah kami,,bebekal rincoat kami terus jalan hingga terdengar kumandang azan zuhur dan kami memutuskan untu rehat dan sholat dahulu,,setelah sholat hujan tak kunjung reda tapi kami tetap melangkah,hingga akhirnya hujan pun mulai reda kembali..
pertama kami mengunjungi taman lumut,,namanya juga taman lumut pasti isinya semua lumut,KRC memiliki 216 jenis lumut dan lumut hati dari berbagai sudut Indonesia dan dunia. Dengan luas 2500m persegi, taman ini diklaim sebagai satu-satunya di dunia yang terletak di luar ruangan dan memiliki koleksi terbanyak.

kemudian perjalanan dilanjut menuju Screen House  yang berisi tanaman-tanaman kaktus-kaktusan (maaf kaktus beneran,hehe),,disini mulai deh berfoto-foto ria dengan kaktus yang bentuknya unyu-unyu,hehe..

Di rumah kaca yang berisi kaktus ini, kami bisa melihat anggrek dan tanaman langka yang beraneka ragam. Ada hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini.
lanjut lagi main di padang rumput,dan foto-foto tentunya..

selain padang rumput ternyata KRC masih punya koleksi tumbuhan-tumbuhan besar khas dataran tinggi,,aku lupa namanya yang jelas tuh pohon gede banget dang daunnya tajam,,mas Anto aja smpe kena..

menyususri jalan setapak akhirnya kita sampai ditepian kolam yang terletak di tengah-tengah dari kebun raya Cibodas ini lengkap dengan air mancurnya dan tanaman air yang khas,,apalagi kalau bukan bunga teratai,,disekitar kolam ada lapangan yang cukup luas yang digunakan oleh beberapa pengunjung untuk duduk-duduk dan bekejar-kejaran,,kami pun singgah untuk poto-poto sejenak..

gede men pohonnya
tiga orang "aneh tapi ada"
poto dulu bareng cewe,hehe

masih belum sampai di tujuan utama kami yaitu Taman Sakura,,akhirnya kami lanjut jalan lagi menuju taman skura yang letaknya sedikit di bawah dari KRC,,tak lema berjalan akhirnya yang kami cari-catri ketemu juga.."Sakura gardeN",,tapi tunggu dulu,,kok gak ada bunganya..??,,akhirnya dengan sabar kami mencari satu-satu,dari satu pohon ke pohon lain,,dan akhirnya pencarian kami berbuah hasil,,sakura pun kami temukan..

yah bagamana lagi karena tak boleh dipetik akhirnya kami foto-foto aja di depan "bunga cinta" ini,,walau cuma satu bunga tak apalah yang penting Sakura,hehe..

3idiots
setelah puas foto-foto kami pun menyusuri sungi yang membelah Sakura garden,,kemercik dan segarnya air yang mengalir disela bebatuan seraya membelah jalanan menambah kesan asri dari kebun raya cibodas ini,,banyak juga pengunjung khususnya anak anak yang menghabiskan waktunya untuk mandi dan berendam disungai ini,,sebenarnya kami masih mau berlama-lama di KRC ini,,tapi karena masih ada tujuan selanjutnya yaitu "Curug Cibeureum" kami harus menyudahi perjalanan kami di KRC ini..

semoga tertarik,,
dan selamat berlibur..:)

ini sedikit penampakan "Kebun Raya Cibodas"




7 comments:

  1. wahaha, dadi inget pas ning cibodas :D

    ReplyDelete
  2. weledelehh . .kapan ki dolan2 meneh?
    uwiz arep 1 bulan nggak dolan kie.

    nitip lapak juga yoo.
    astrafitum cinta
    :D

    ReplyDelete
  3. @gandha: malah aku pengin nang jogja,,wingi durung sempet tekan pantai masbro..:(

    ReplyDelete
  4. @ichal: oalah le,,nggenah minggu wingi yo bar saka cibodas maneh ngono lho..ora bosen po nang cibodas wae..
    green canyon kapan kie??

    ReplyDelete
  5. cibodas-cilok bakso pedas.
    2000 mas sebungkus, :p

    ReplyDelete
  6. wah-wah ada singkatan baru nih,hahaha..kocak..
    abang kita makin lama makin lucu aja ya,hahaha..

    ReplyDelete
  7. ayo dolan2 :D ke jogjaaaa

    ReplyDelete

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM