HeadLine

Sabtu, 30 April 2011

Apa Sih Persiapan Buat Naik Gunung..??

kegiatan mendaki gunung adalah kegiatan yang bisa dibilang gampang2 susah,tergantung medan dan kesiapan dari pendaki.(tergantung gunungnya juga sih,hehe..:p)

siluet adventure
pengalaman pertama ku mendaki gunung adalah menakhlukan puncak Gn. Lawu (Hargo Dumilah) 3.265 mdpl. yang bisa di bilang sukses besar (pertama kali mendaki langsung dapet sun rise + sampai puncak)

 Track Gn. Lawu (via Cemoro Sewu)

Puncak Lawu 2007

dua kali aku menapak puncak tertinggi gunung yang memisahkan Jawa Timur dan Jawa Tengah ini,,tentunya dengan sensasi yang berbeda,,pendakian pertama th 2007 lancar tanpa hambatan,,dan pendakian th 2011 yang hanya 4 orang harus berjuang menembus badai.
Puncak Lawu 2011

dan aku juga pernah melakukan beberapa hiking kecil ke gardu pandang Gn Merapi (2.968 mdpl) di jalur Selo dan Kaliurang, hiking ke gunung batu di Wonogiri Jateng, dan jelajah alam ke beberapa Curug di kawasan kaki Gunung Salak, Bogor.

bagi pemula pasti perjalanan dengan track yang terjal menanjak adalah suatu hal yang berat (dan pastinya bikin betis bengkak,hehe),,

tetapi bila dipersiapkan dengan matang dan dijalani dengan enjoy tak akan terasa,,dan semua lelah itu terbayar ketika kita menginjak puncak tertinggi dari gunung itu,,dengan melihat hamparan bunga abadi "Eidelweis".

dan next trip adalah Gn Gede (2.958 mdpl)
yang terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Jawa Barat..

 Pemandangan Gn Pangrango dari puncak Gn Gede

nah sebagai pemrakarsa acara pendakian ini,, merasa wajib aku membagi ilmu tentang apa saja perlengkapan yang harus disiapkan sebelum melakukan pendakian,,khususya buat yang baru pertama kali mendaki.

buat daftar perlengkapannya bisa dilihat di bawah ini.....

=================================================================================

DAFTAR CHECKLIST PERLENGKAPAN KEGIATAN MENDAKI GUNUNG
A. Perlengkapan Utama
  1. Sepatu dan kaus kaki (atau sandak gunung).
  2. Ransel (frame pack, ukuran besar, 30 – 60 liter + raincoatpack kalau ada).
  3. One day pack (ransel/tas kecil untuk mobilitas jarak pendek).
  4. Senter dan batere dan bolam ekstra.
  5. Sleeping bag (atau sarung kalau tidak punya).
  6. Ponco atau raincoat (jas hujan).
  7. Obat-obatan pribadi (P3K set).
  8. Kaus tangan.
  9. Personal higiene: sikat gigi, odol, sabun mandi, shampo (untuk membersihkan diri saat di desa terakhir, atau saat dalam perjalanan bertemu dengan sungai yang bisa untuk bersih-bersih diri).
  10. Gula merah atau Coklat
  11. Tempat minum (air mineral 2 botol 600 ml atau yang 1,5 lt).
    ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  12. Matras.
  13. Tenda (bisa diganti ponco atau lembaran kain parasut untuk dijadikan bivak).
  14. Kompor untuk masak + korek api.Nesting dan sendok dan cangkir.
  15. Pisau saku
  16. Peluit (bagus: peluit SOS atau whistle).
  17. Survival Kit.
  18. Peta dan kompas.
  19. Altimeter (kalau punya).
  20. Topi rimba.
  21. Parang tebas dan batu asah.
  22. Tissue gulung (untuk membersihkan perangkat makan-minum bila tidak ada air, dan alat bersih diri habis buang air besar).
  23. Sandal jepit.
  24. Gaiter (untuk pendakian di daerah yang banyak pasirnya).
  25. Tali plastik (sekitar 10 meter, untuk membuat bivak atau tenda) dan tali rafia.
(penglengkapan 1-11 hukumnya Wajib 'Ain, dan,perlengkapan 12-25 Sunah Muakad)

B. Pakaian
  1. Pakaian dalam.
  2. Celana pendek.
  3. Celana panjang.
  4. Kaos/t-shirt.
  5. Sweater atau parka.
  6. Jaket (sebaiknya tahan air).
  7. Sarung.
  8. Kaus tangan.
  9. Hem lengan panjang.
  10. Scarf atau slayer.
  11. Pakaian ganti: kaus kaki, kaos, sweater, pakaian dalam.
(klo yg ini tergantung pribadi masing-masing,,yang biasa gak mandi ya gak perlu bawa baju ganti,hehehe)

buat yang mandu atau pentolan kelompok sebaiknya juga sedia ini:

C. First Aid Kit
  1. Betadine.
  2. Kapas.
  3. Kain kassa.
  4. Perban.
  5. Rivanol.
  6. Alkohol 70%.
  7. Obat alergi: CTM.
  8. Obat maag.
  9. Tensoplast (agak banyak, mis: 4 pack, terutama untuk preventif ‘blister’ yang dikenakan sebelum perjalanan dilakukan).
  10. Parasetamol.
  11. Antalgin.
  12. Obat sakit perut (diare): Norit, Diatab
  13. Obat keracunan: Norit.
  14. Sunburn preventif: Nivea atau Sunblock
  15. Oralit (agak banyak, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang; kalau tidak ada bisa diganti larutan gula-garam).
D. Survival Kit
  1. Kaca cermin.
  2. Peniti.
  3. Jarum jahit.
  4. Benang nilon.
  5. Mata pancing dan senar pancing.
  6. Silet atau cutter.
  7. Korek api dalam wadah water proof dan lilin.
E. Lain-Lain
  1. KTP atau Kartu Pelajar
  2. Uang (wajib buat beli oleh2,hehe)
  3. Buku catatan perjalanan (jurnal, diary) dan bolpen (buat yang hobi nulis).
  4. Kamera.
  5. MP3 (buat hiburan dijalan).
  6. Alat komunikasi.

Selamat Packing

    dan semoga bermanfaat buat semua para Adventurers yang mau melakukan pendakian..(tapi klo ke Mt. Everest  musti lebih banyak lagi yang disiapin termasuk dana,hehehe)

    Oke di tunggu kedatangan kalian 14 Mei 2011 di gerbang Taman Nasional Gede Pangrango..^_^
    buat kang Andhi Faiz tolong bantu ngurus pendaftaran yaa...

    10 komentar:

    1. wahhh...siaul.
      gek di tag ik.
      --"

      okeoke.
      kita harus bisa kali ini kang.
      masa' orang Bogor belum pernah nyoba track Bogor sekalipun.
      cupu.
      :D

      BalasHapus
    2. ayoo lah kita gerak..
      segera di rembug aja buat yg ngoordinir..
      karena klo bisa minggu depan udah di daftarkeun,,oke..oke..

      BalasHapus
    3. klo aku udah siap kemana pun kang .nge-SAR juga okeh.cuma waktunya gag ada.kpn2 klo km ada acara pas sy libur(BERANGKAT )jng lupa di konfirm.

      BalasHapus
    4. mantab gan postingannya bermanfaat..
      salam anak gunung..!!

      BalasHapus
    5. @mas ipul,,siap ma bro rencana habis ujian semester mau ke gn pangrango mas.

      @ano,, makasih tp lain kali tujunkan jati diri ya,,sesama anak gunung,hehe..

      BalasHapus
    6. jangan lupa bawa bakau atau tembakau. buat jaga2.

      BalasHapus
    7. tembakau sih oke..
      tapi bakau,,buat apa..?? (bingung mode )

      BalasHapus
    8. buat jaga2 klo ada lintah nempel trus kasih air tembakau mas... kpn naik ke pangrango.. mumpung libur smster..

      BalasHapus
    9. waah.ngebaca postingan-postingan d blog ini aku jadi semakin tertarik buat naik gunung .
      aku sama 2 temen aku tertarik banget buat naik gunung, yah terinspirasi juga sama novel 5cm sii.hhehe
      tapi sebenernya bisa g orang awam yang blm pernah sama sekali naik gunung kyk aku ,naik gunung??
      kalau boleh share,kira-kira apaa nih yang harus diperhatiin buat orang yang mau pertama kali naik gunung??

      BalasHapus
    10. Postingannya mantap Bang....
      Info bagus buat pemula....

      BalasHapus

    Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Sahabat EPICENTRUM