HeadLine

Monday, 21 March 2011

Program "Penghijauan" Kota Bogor

assalamualaikukm wr wb..

Kota Bogor,,termasuk dalam Provonsi Jawa Barat,,sebelah selatan ibu kota kita tercinta Jakarta,,agak serong ke barat dikit..


"Kota Hujan" begitulah ketika SD dulu aku mengenalnya,,meski fakta itu sudah di rebut oleh kota Solo,hahaha..(bayangin aja,, ketika dulu Bogor di musim ujan bisa dari pagi sampai pagi lagi,,tapi sekarang itu malah terjadi di Solo <aneh>,hehehe).

kota yang terkenal dengan "Kebun Raya" dan "Istana Negara" nya..

tempat dimana (kata orang Belanda dulu) semua tanaman bisa tumbuh disini (lihat aja kebun raya dari tanaman merambat, hingga melata ada disana,,tapi sayang yang ngesot belum ada,hehe)..

dan yang jelas ada..


IPB (Institut Pertanian Bogor) dengan seabrek
plesetannya mulai dari
- Institut Perbesaran Betis (karena mahasiswanya jalan mulu)
- Institut Pers Bogor (karena banyak lulusan yang terjun ke bidang jurnalistik)
- Institut Pesantren Bogor (asramanya udah kaya di Ponpes boy)
- Institut Pleksibel Banget (Lulusannya bisa kerja di segala bidang)
- dan masih banyak lagi singkatan lainnya yang gak bisa disebut satu-perastu...

tapi intinya bogor itu kota yang "indah",,hal ini karena adanya program "Penghijauan" dari pemerintahnya..

bahkan tiap tahun program "Penghijauan" ini terus ditingkatkan lho,,dan selalu diperbaharui..
barangkali buat yang sudah lama tinggal di Bogor dan belum mendengar tentang program "Penghijauan" ini jadi penasaran ya..??

ya mungkin karena program ini memang tidak pernah disosialisasikan secara nyata oleh pemerintah,,dan hanya pihak-pihak terkait saja yang mengetahui adanya program "Penghijauan" ini..

dan untu mencari tahu sejauh mana masyarakat bogor mengetahui tentang adanya program ini,saya secara diam-diam melakukan wawancara kecil dengan mahasiswa di IPB (mahasiswa sebagai orang yang intelek) yang dapat dipastikan telah cukup mengenal kota bogor..

berikut ini ilustrasi wawancara saya dengan diri saya sendiri
RP: Rizki Pradana
MI: Mahasiswa IPB


RP:  "maaf mas saya sedang melakukan wawancara untuk mencari tahu berapa persen mahasiswa yang mengetahui program "Penghijauan" di kota Bogor"..
MI:  "Silahkan saja mas, apa yang bisa saya bantu?"..
RP:  "sebelumnya yg mau saya tanyakan,sudah berapa lama mas ini tinggal di Bogor??"
MI:  "kurang lebih 3 tahunan lah,,bisa lebih bisa kurang,tawar aja asal jangan afgan"
RP:  "apakah selama ini mas pernah mendengar tentang program "Penghijauan" di kota Bogor??"
MI:  "dari sejak saya masuk IPB sampai sekarang belum pernah mendengar adanya program itu,,justru saya baru tahu dari mas ini"
RP:  "lalu menurut tanggapan anda bagamana dengan adanya program "penghijauan" ini,karena ada isu program ini mempunyai efek negatif??
MI:  "wah sebagai mahasiswa,khususnya pertanian saya sangat simpatik dengan adanya program penghijauan ini,,tetapi sebagai mahasiswa pertanian juga saya jadi penasaran,,selama ini fakta yang saya ketahui Bogor sudah tidak memiliki lahan yang cukup untuk penghijauan,,lalu saya juga bingung sejak kapak penghijauan berdampak negatif.."
RP:  "mungkin mas masih kurang informasi,,karena "penghijauan" ini dilakukan di segala sektor dan lini hingga area jalan raya"
MI:  "wah justru saya sangat mendukung sekali,,karena asap kendaraan yang mengandung gas CO dapat mengganggu kesehatan,,dengan penghijauan disekitar jalan raya bisa menekan angka emisi tersebut."
RP:  "tapi fakta dilapangan berkebalikan dengan pendapat mas,,setelah pemerintah Bogor "Berhasil" melakukan "Penghijauan" justru angka polusi semakain meningkat"
MI:  "itu tidak mungkin!!,,penghijauan itu untuk menekan emisi bukan meningkatkan!!"
RP:  "tapi itulah yang terjadi mas."
MI:  ((sambil garuk2 kepala masih bingung bin penasaran dengan program penghijauan yang menambah polusi))
RP: "maaf mas,,sepertinya mas sedang ketombean ya,,sampaii kepalanya gatel gitu??"
MI:  "bukan begitu,,saya bingung bagaimana program penghijauan bisa menambah polusi,,sebelumnya saya mau bertanya,, mas dapat data itu dari mana??"
RP:  "fakta ini saya peroleh langsung di lapangan"
MI: "kalau begitu apakah mas tahu dari spesies tanaman apakah yang ditanam dalam penghijauan sehingga dapat meningkatkan polusi,,akan saya jadikan bahan penelitian ini hal baru dan saangat menarik,,spesies apa ya mas??"
RP:  "A.N.G.K.O.T"
MI:  "#@#$#@#$$^......Koplaaakkk.......!!!!!"

ilustrasi program "Penghijauan"


gimana..??....hijau kaann.....

nah inilah fakta yang ada di Bogor dan menjadikan panggilan baru Bogor selain "Kota Hujan" yaitu. . .


"Kota Sejuta Angkot"....^_^

*catatan kecil dari seorang mahasiswa IPB Bogor tentang kotanya yang hijau oleh "angkot"

Wassalamualaikum wr wb..

4 comments:

  1. yang mengalami penghijauan hanya bagian Kota saja. Di Dramaga angkotnya warna biru. -.-"

    ReplyDelete
  2. yang mengadakan "reboisasi" cuma pemkot..
    pemda mmasih "pembiruan",hehehe..:P

    ReplyDelete
  3. gruahaha...edun meeennnn..
    ijo royo-royo dah kota kita "tercinta".
    :D

    satu lagi bro, selain "go green" yang ada di kota Bogor.
    kabupaten Bogor sendiri juga punya program "go blue", makane tiap kita lewat Berlin maupun Pangkot, yang ada warna biru semua, bukan ijo.
    muahahaha...
    ^o^

    ReplyDelete
  4. koyo FPIK wae biru,hahaha...
    itulah kota kita yang unik,,musim ujan kadang panas,,musim kemarau malah ujan,,
    jaaan gaak jueelass tenaaan.....

    eh gimana rencana kita muncak gan??

    ReplyDelete

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM