HeadLine

Sunday, 20 March 2011

My Brother,,My Inspiration


assalamualaikum wr wb.

Pagi tadi pas ngerapiin folder di leptop,,gak sengaja aku nemuin folder  foto weddingnya kakak sepupuku (maklum anak tunggal klo punya kakak ato adik ya sepupu,hehehe),,


Tapi sebenarnya secara garis keturunan seharusnya aku manggil dia “Om alias paklik”  lho,, 
tapi kesalahan panggilan ini sebenarnya dimulai dari orang tuanya yang mungkin ngerasa agak gimana gitu klo dipanggil paklik sama orang tua aku,karena secara otomatis aku manggil ortunya “mbah”,mungkin karena panggilan “mbah” kelihatan kesannya lebih tua akhirnya aku manggilnya “Pakdhe” dan aku manggil putra-putrinya “mas” sama “mbak”,,begitulah kenapa akhirnya aku manggil begitu..

Oke mukadimahnya aku rasa cukup,,kembali ke topik..
Kenapa “My brother My ispiration”...??
Cerita dimulai disini. . .


Aji Noor Muhammad, S.T.
S1 Teknik Arsitektur ITB (sekarang di kementrian pekerjaan umum),,my brother,,my inspiration,,my spirit,,satu alumni SD n SMA,orangnya santai,,bersahaja,,n biasa wae..

Kisah inspiratif (yang sebenarnya gak pernah aku sadari,hehe) dimulai sejak aku masih di sekolah dasar bersama mas Aji..


“SD Negeri Tunggulsari 1 No. 72 Surakarta”
Sebuah sekolah dasar yang bisa dibilang namanya “nyaris tak terdengar” klo dibandingin dengan SD-SD lain di kota Solo,,
karena letaknya yang benar-benar di pinggiran kota Solo sebelah barat,berbatasan langsung dengan kecamatan Kartasura (tinggal jalan kurang dari 100 langkah udah keluar dari SoLo tuh,hehehe)..

Tapi di sinilah semua kisah indah n penuh inspirasiku dimulai..^_^

Saat pertama kali aku masuk di sekolah ini yang terbersit di dalam benak aku adalah klo sekolah ini memiliki “hari libur ekstra” diluar hari minggu dan libur nasional,,yaitu libur saat “banjir”..
Bagaimana tidak,sekolah aku ini bener-benar mepet sungai yang setiap musim hujan tiba,air sungai pasti jalan-jalan kemana-mana,,masuk ke dalam kelas,, itu sudah biasa,, dan yang menjadi korbannya siapa lagi klo bukan siswa,,

Tapi ada untungnya juga sih,,sebelum kelas dimulai pasti ada sesi olah raga terlebih dahulu “ngepel lantai”,hehe..;p

kalau gak dipel kita bisa-bisa belajar ditemani ikan sepat,ikan wader,yuyu kangkang (kepiting kecil: red),ato sampah rumah tangga lain,,bukan apa-apa sih klo belajar bareng iikan,,tapi yang kita takutkan ikan-ikan itu lebih pintar dari kita karna ikut belajar dikelas,hehe..lagi pula gak lucu juga kan pas guru lagi njelasin ada ikan lagi diskusi di bawah meja,hehe..

itulah sedikit gambaran SD aku dulu saat aku masih duduk di salah satu bangkunya,,dan sejak 9 tahun yang lalu aku meninggalkannya udah jauh lebih baik kok pastinya saat ini..^_^

saat itu “keGalauAn” (bahasa alay mulai keluar,hahaha) mulai muncul saat aku duduk di bangku kelas 2 ke 3 (ya iya lah duduk dibangku masa di meja to mas)..

disitu aku mulai ngerasa agak minder setelah mengenal SD-SD favorit,,mikir juga sih kok SD aku memperhatinkan kaya gini..

dan ketakutan itu mulai bartambah saat kelas 5-6,ada ketakutan sperti ini “wah klo lulus mau masuk SMP mana,mana mungkin SMP favorit mau nerima aku”.

Tapi di saat-saat berat itu, yang jadi motivator aku jelas “My Lovely Mom”,,aku ingat sekali sampai sekarang kata-kata beliau ketika aku masih kelas 2 SD maau naik kelas 3..

my mom: “mas rizki,tadi ibu ngambil rapor,alhamdulilah mas rizki rangking 1..dipertahankan ya mas nilainya,,biar kaya mas Aji,,tadi ibu di kasih tau sama bu guru kalau mas Aji jadi lulusan terbaik,,mas rizki harus bisa kayak gitu biar lulus bisa bebes milih SMP mana pun”

RP: “oo gitu ya buk,terus mas Aji masuk SMP ya??”

my mom: “iya mas Aji masuk SMP 4,,itu SMP favori ke2 di Solo”

Nah sejak saat itu ada semangat tersendiri dalam diri aku,harus bisa seperti mas Aji jadi lulusan terbaik dan bebes milih SMP manapun yang terbaik di Solo..

Waktu terus berputar,,berjalan tertatih,,menembus detik,,memecah menit,,menerpa jam demi jam,,merangkai hari,,terkumpul minggu,,berganti tahun...udah ah panjang amat nih....intinya tiba di hari pengumuman  kelulusan SD..dan atas usaha dserta doa,,ditambah ridho dari Allah, alhamdulillah aku melanjutkan jejek mas Aji untuk jadi lulusan terbaik di SDN Tunggulsari 1..

Dan yang lebih membanggakan lagi aku bisa diterima di SMP 1 Surakarta,,yang notabene SMP favorit nomer wahid se-Solo..(maap ya mas Aji,aku kalahin di sini,hehehe..:p)

Aku juga masih ingat joke-joke dari mas Aji yang sedikit menghiburku

Mas Aji: “eh dek,kudune bangga iso sekolah neng SD Tunggulsari,,SD ne dewe kan duwe kolam renang lho,hehe"
Subtitle: “eh dik,harusnya kita bangga sekolah di SD tunggulsari,,SD nya punya kolam renang ,hehe”

My mom: ”kolam renangnya besar yo mas Aji???”

Mas Aji: “nggih bulik,,kolam renang’e gede tur dowo,hhahaha”
Subtitle: “iya bulik,,kolam renangnya besar,,panjang lagi,hahaha” (kolam renang besar n panjang  = sungai) 

Singkat cerita aku akhiirnya masuk SMP..

“SMP Negeri 1 Surakarta”

Nothing spesial disini,,paling hanya rasa minder di awal aku masuk,,gimana gak minder dari sekolah yang bisa di bilang “pinggiran” masuk ke SMP favorit di kota Solo..

Liat temen-teman sekolah yang lain sekolah pada dianter pake mobil,,aku Cuma bersepeda dengan ke-4 temanku yang lain,,tapi justru aku salut dengan mereka yang masih mau bersepeda padahal klo mau dianter mobil juga bisa,,klo aku boro-boro mobil bapak aja bawa motor di lipstikin (baca: plat merah,hehehhe)..

Tapi masa-masa indah 3tahun itu lebih cepat berlalu dan kembali saat mau masuk SMA mas Aji jadi inspirasiku..

Bagamana tidak aku lihat sendiri perjuangan mas Aji untuk masuk SMA 1,,SMA favorit se-Solo..

Saat waktu-waktu pendaftaran SMA justru mas Aji ditinggal bapak-ibunya ke Rembang (klo gak salah ada acra nikahan gitu)..
dan untuk ngurus pendaftarannya akhirnya dipasrahin ke bapak aku,,mas Aji daftar di SMA 1 dengan nilai yang mungkin bukan papan atas,,tapi dia punya keyakinan bisa diterima (aku salut dengan semangat dan keyakinanmu mas..^_^)..

Dan kejadian huru-hara pun terjadi di masa-mas pendaftaran itu,,mas Aji dikabari buliknya klo ada "bom-bom’an" di SMA1 (bukan bom beneran lho,,tapi ini istilah untuk orang-orang dengan  nilai tinggi memasukkan pendaftaran di hari-hari akhir,yg menyebabkan yang nilainya lebih kecil tergeser peringkatnya)

Sore itu dengan raut berkaca-kaca mas aji dateng kerumah nyariin bapak..

Mas Aji: “om pripun niki??,,sanjange bulik SMA 1 wonten bom-bom’an,posisi kula nggawing sanjange,,nek mboten katut pripun??”
subtitle: “om gimana nih,,katanya bulik SMA 1 ada bom-bom’an,,posisi saya nyaris gak masuk,,kalau gak keterima gimana ini??”

My Father: “wis tenang dik Aji,,besok kita ke SMA 1,,sekalian pakai seragam SMP nya,dan bawa arsip buat pendaftaran,,jadi sewaktu-waktu bisa kita cabut dan langsung daftar di SMA lain”

Mas Aji: "Siap om"
Tapi akhirnya perjuangan itu berbuah indah,,mas Aji pun diterima di SMANSA Solo..dan itu jadi cambuk lagi buat aku untuk bisa masuk SMA yang udah mencetak orang-orang hebat itu SMA 1 Solo atau dulu lebih dikenal denga n “SMA Margoyudan”..

“SMA Nergeri 1 Surakarta”


Disinilah aku mulai menjaliani masa-masa indah putih abu-abu yang terlalu pannjang untuk di bikin postingan,,mending dibukuin dibikin novel aja kali,hehehe..;p

Tapi intinya sampai SMA pun mas Aji masih jadi sumber inspirasiku..
Saat duduk di kelas 2 SMA aku mulai mencari-cari gambaran mau dibawa kemana hubungan kita..eh salah...maksudnya mau dibawa kemana masa depanku,hehe..

Mulai deh ngelirik universitas,,dan saat liburan semesteran akhirnya memutuskan untuk ikut mas Aji ke Bandung buat ngelihat kampus ITB,,PTN favorit di Indonesia..

Dan disinilah aku melihat sekali lagi kesederhanaan saudara aku satu ini,,

Sore itu aku bersiap berngkat pakai pakaian rapi wangi pokoknya keren abis lah,,bayangannya naik bis eksekutif bisa kenelan sama cewek cakep..

Tapi diluar dugaan saat smpe di rumah mas Aji, dia masih pakai kaos oblong dan celana batik (kaya fotonya di atas,,begitulah style-nya),,aku kira mas Aji belum siap,,tapi....

Mas Aji: “ayo dek,,udah siap berangkat??”

RP: “Mas begitu aja??”

Mas Aji: “^_^”

Hadooh bener-bener sederhana banget siihh,,jadi gak enak akunya udah rapi abis gini..
Aku lebih terkejut lagi saat sampai terminal,,aku yang udah ke-pede-an bisa ketemu cewek cakep naik bis eksekutif,,ternyata...

MA: “dek bisnya gak pake AC gak apa-apa kan,,lagi pula jalannya malem jg pasti dingin kok”

RP: gubraaxx (dalam hati) “eeemm,,iya gak papa kok mas”

Akhirnya berangkat deh,,tapi lagi-lagi ada masalah,,belum ada separuh jalan dapet musibah,,bis yang dinaikin mogok ditengah jalan dan sama sekali gak bisa jalan harus menunggu bis kiriman dari Jogja,meski sebenernya bareng sama bis yang lain juga bisa..tapi.....

MA: “dek kita nunggu bis kiriman aja ya,,liburannya masih panjang ini,hehe”

RP: jiiiaaaahhh kenapa gak ikut yang AC aja sih (kataku dalam hati) “iyo mas gak popo”

Dan akhirnya itu menjadi perjalanan ke badung paling panjang dalam sejarah,,yang harusnya berngakat jam5 sore tiba jam5 subuh,,akhirnya baru tiba dii bandung sam setengah 1 siang,,benar-benar matab..

Tapi senua lelah terobati setelah diajak jalan-jalan dikampus ITB,,sholat di masjid Salman,,dan lihat aula ITB yang keren abis kaya di Hogwarts..
Dan aku pun bersemangat pengen masuk ITB..

Tapi satu tahun kemudian Allah memberiku jalan di PTN yang terbaik di Indonesia di bidang Agriculture "IPB Institut Pertanian Bogor",,gak papa lah,alhamdulillah dari ITB masih kepleset ke IPB,,daripada kepleset ke Uni-uni yang gak jelas,hehehe..

Masih banyak cerita inspiratif lain dari abang aku yang satu ini,,tapi spertinya harus bersambung dulu,,udah kepanjangan juga,hehehe..


*note: buat mas Aji,,matur nuwun mas,,selama ini (secara gak sengaja) dirimu jadi inspirasi buat aku,,oia maaf lho klo ceritnya ada yang menyinggung ato informasinya gak bener mohon dimaklumi..
karena masih ada lanjutannya nih..
oia aku sebenernya pengen main ke jakarta,,
oia kapan nih punya momongan,moga2 putra/i nya jadi anak yang sholeh/ah..amiieenn..
doakan aku segera mennyusulmu mas..
lulus aku juga ada rencana kerja di departemen pertanian,,bisa ketemu djakarta nih,hehehe...
salam juga buat mbak Maya ya..

wassalamualaikum wr wb

5 comments:

  1. ehmmm...
    iri jd nya...

    nothing spesial euuuyy sy mh...

    ReplyDelete
  2. eits everybody is special..
    sy juga nothing special,,just to share, n miss my brother..
    iri dalam kebaikaan dan mendorong jd lebih baik,,itu gak papa..


    cukup inspiratif tak??

    ReplyDelete
  3. goooooood ....
    iri lebih baik.... ^0^

    ReplyDelete
  4. kapan mo nyusul mas mu (lagi) Pe? *lirik poto*

    ReplyDelete
  5. @michan: oke-oke,,yang penting jadi penyemangat..

    @adiet: poto yang mane bro??
    yang naik gunung ya??,,insyaAllah menyusul besok abis UTS,hahahaha..:D

    ReplyDelete

Alangkah lebih bijaksana untuk menyambung silaturahim dipersilahkan meninggalkan jejak berupa komentar,,,terimakasih..^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat EPICENTRUM